Mohon tunggu...
Adi Bermasa
Adi Bermasa Mohon Tunggu... mengamati dan mencermati

Aktif menulis, pernah menjadi Pemimpin Redaksi di Harian Umum Koran Padang, Redpel & Litbang di Harian Umum Singgalang, sekarang mengabdi di organisasi sosial kemasyarakatan LKKS Sumbar, Gerakan Bela Negara (GBN) Sumbar, dll.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pemimpin Bangsa dari Madrasah Hebat

28 Juli 2019   15:22 Diperbarui: 29 Juli 2019   08:55 71 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemimpin Bangsa dari Madrasah Hebat
Pengembalian siswa Takhassus dari pelatih kepada pihak sekolah usai mengikuti masa Basis selama empat hari di Tiger Camp Lubuk Minturun, Kamis (25/7/2019) (FOTO: DOK. MAN 3 PADANG)

PERCAYALAH, 'batang tarandam itu segera bangkit'. Bukti nyata sudah muncul. Pemimpin bangsa masa depan insyaallah benar-benar dipegang insan beriman, percaya diri, tak mau menyerah. Biarlah mati dalam perjuangan daripada hidup di bawah tekanan.

TNI berjiwa kesatria, disiplin, dan punya percaya diri tinggi sudah menyatu dengan madrasah hebat binaan Kementerian Agama. Buktinya, MAN 3 Kota Padang sudah berbuat sebelum yang lain memikirkan.

Sudah 'bersuluh matahari, bergelanggang mata orang banyak'. MAN 3 Padang memperlihatkan kreatifitasnya bekerjasama dengan TNI dalam mencetak calon pemimpin bertakwa melalui program pembinaan siswa baru lokal takhassus berketerampilan maksimal yang digembleng langsung jajaran TNI AL selama empat hari, Senin-Kamis (22-25 Juli 2019), di kawasan 'khusus' Lubuk Minturun. Pemberitaan tentang kegiatan tersebut yang dimuat sejumlah koran lokal terbitan Sumbar menggambarkan keseriusan pihak TNI AL membina jiwa ksatria para pelajar pilihan tersebut.

Inovasi yang ditampilkan MAN 3 Padang dengan program khususnya itu sudah sepantasnya jadi perhatian bagi lembaga pendidikan SLTA umum maupun agama di daerah ini, baik negeri maupun swasta. Sebab, di saat banyak kalangan pusing dengan problema bangsa yang diselimuti beragam keprihatinan, MAN 3 Padang yang berlokasi di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah itu muncul dengan ide progresifnya melahirkan program 'takhassus' yang menyentak kita. Dalam program itu, para siswa digembleng untuk punya disiplin tinggi.

Berhasilnya bangsa ini merdeka jelas punya kaitan erat dengan peran Jenderal Sudirman dalam menggembleng prajuritnya melawan musuh. Pak Dirman, panglima yang punya semangat juang luar biasa ditopang amal ke-Islaman maksimal jadi bukti sejarah bahwa hanya dengan mental pantang menyerah bangsa ini bisa berdaulat sampai sekarang.

KEPALA MAN3 Padang,Afrizal, didampingi wakil kepala,pelatih, pembina, dan pendamping menyalami para siswa Takhassus usai menuntaskan pendidikan 'Basis' selama empat hari di Tiger Camp Lubuk Minturun,Padang, Kamis (25/7/2019). (FOTO: DOK. MAN 3 PADANG)
KEPALA MAN3 Padang,Afrizal, didampingi wakil kepala,pelatih, pembina, dan pendamping menyalami para siswa Takhassus usai menuntaskan pendidikan 'Basis' selama empat hari di Tiger Camp Lubuk Minturun,Padang, Kamis (25/7/2019). (FOTO: DOK. MAN 3 PADANG)

Diakui atau tidak, yang pasti MAN 3 Padang sudah memperlihatkan kegigihannya dalam mencetak anak didiknya yang berakarakter disiplin tinggi, gigih, dan pantang menyerah. Terserah, apakah lembaga pendidikan lainnya mau mengikuti MAN 3 Padang dengan mengembangkan program tersebut. Minimal, sebagai gugahan bagi lembaga pendidikan lainnya untuk berbuat maksimal. Tak hanya bagi nama sekolah/madrasah itu sendiri, tapi dalam skala lebih besar adalah demi masa depan daerah dan bangsa ini.

Pemegang kebijaksanaan di lingkungan Kemenag pantas mencermati dan melirik gerakan yang dilakukan MAN 3 untuk dikembangkan secara merata di seluruh lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Kemenag.

Kalau sudah merata kehebatan lembaga pendidikan madrasah di Sumbar, maka tak perlu lagi mengirim si ' buah hati' jauh-jauh menuntut ilmu.

MAN 3 Padang berani berbuat karena rasa percaya diri pimpinannya yang maksimal. Bukan tidak mungkin, ada pula yang tak respek dengan jalan kebaikan ini. Tak apa juga. Seperti kata pepatah: 'kereta api mandaki, angok inyo pulo nan sasak'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x