Mohon tunggu...
Adi Assegaf
Adi Assegaf Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Menulis Untuk Berbagi

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Ikan Asin Krispi dan Abon Ikan Membawa Murwati Kecil ke Istana

10 April 2020   19:09 Diperbarui: 10 April 2020   19:09 30 7 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikan Asin Krispi dan Abon Ikan Membawa Murwati Kecil ke Istana
Murwati saat bertemu dengan Presiden RI di Istana. dok.pri

Adalah Murwati, perempuan dari desa Pulogading Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Desa yang berada di pesisir pantai utara jawa.

Murwati bersama dengan 9 orang lainnya yang tergabung dalam Kelompok Mutiara Gading pada tahun 2012 memulai usaha pembuatan Ikan Asin Krispy dan Abon Ikan dibawah binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Brebes.

Hasil olahan berupa Ikan Asin Krispy dan Abon Ikan ini banyak peminatnya. Hingga pada suatu hari perusahaan dari Tanggerang dan Jakarta datang langsung untuk melihat tempat dan pembuatannya.

Akhirnya perusahaan tersebut sepakat melakukan kerjasama setelah datang sendiri dan melihat samplenya langsung. Namun untuk yang di Tanggerang dibatalkan oleh perusahaannya.

Sebab menurut perusahaan yang ada Tanggerang pemgiriman barang tidak sesuai sample yang pernah dia lihat sendiri Ikannya terlalu besar.

Namun Murwati bersama anggotanya tidak patah semangat. Mereka akhirnya mencoba mengikuti kegiatan lomba yang digelar oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Brebes dengan peserta dari 5 Kecamatan.

Lomba tersebut bukan hanya hasil olahan saja yang dinilai. Namun dari sisi administrasi seperti PIRT, Standar Kelayakan Produk (SKP), SIUP hingga Sertifikat Halal dari MUI.

Pada penilaian akhir, kelompok Murwati menjadi juara 1 tingkat kabupaten. Murwati pun dan anggotanya senang dan gembira dengan hasil yang sudah dicapai saat ini.

Piala Juara 1 dok.pri
Piala Juara 1 dok.pri

Kemudian Dinas mengirim kelompok Murwati untuk mengikuti lomba tingkat provinsi yang diadakan oleh Provinsi Jawa Tengah yang di ikuti oleh puluhan Kabupaten/Kota.Lagi-lagi Murwati dan kelompoknya berhasil menyabet juara 1. Dan akhirnya mengikuti kegiatan tingkat Nasional yaitu Adibakti Mina Bahari pada tahun 2015.

Tak disangka sepertinya dewi fortuna tetap berpihak pada Murwati. Sehingga di event Nasional ini pun Murwati berhasil menjadi juara 1 Nasional Adibakti Mina Bahari.Untuk menerima penghargaan tersebut pada tanggal 12 Desember 2015 Murwati diundang ke istana bersama puluhan pemenang Adibakti Mina Bahari untuk bertemu langsung dengan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo

Pada saat sesi tanya jawab ternyata Murwati berkesempatan untuk maju kedepan dan ditanya-tanya langsung oleh Presiden seperti yang terlihat pada link video dibawah ini.


Namun sekarang Murwati dan kelompoknya memproduksi Ikan Asin Krispy dan Abon Ikan hanya bila ada yang memesan saja.

"Sekarang kami memproduksi bila ada yang memesan saja, karena selain bahan baku utama yaitu ikan filletnya sudah mahal yang awalnya hanya Rp 14.000/kg sekarang menjadi Rp 35.000/kg. Dan kelompok kami sekarang memproduksi minuman kesehatan yang sedang banyak pesanan," ungkap Murwati.

Murwati juga mengatakan, akan tetap membuat produk dari ikan. Sekarang saja ada produk baru yang dia buat bersama kelompoknya.

"Kami akan tetap memproduksi Ikan Abon untuk anak-anak. Karena kandungan omega di ikan lebih banyak daripada daging ayam dan daging sapi. Kamipun membuat Krispy Teri Wareng atau Teri Bawang Goreng produk kami yang baru," tandasnya.

KBC-03

VIDEO PILIHAN