Mohon tunggu...
Adi Assegaf
Adi Assegaf Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Menulis Untuk Berbagi

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Desa Cipetung Pampang Infografis Realisasi Anggaran Tahun 2019

10 April 2020   15:46 Diperbarui: 10 April 2020   15:54 110 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Desa Cipetung Pampang Infografis Realisasi Anggaran Tahun 2019
Realisasi Anggaran APBDes Tahun 2019 Desa Cipetung. dok.pri


Desa Cipetung Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah merupakan desa yang terletak dibawah kaki Gunung Slamet.

Hawa dingin serta udara yang sejuk dan segar akan mengingatkan kita pada destinasi wisata Puncak Bogor Jawa Barat saat kita berada di Desa Cipetung ini.

Desa yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 2014 jiwa dan luas wilayah seluas 286 ha yang terdiri dari 70 ha lahan milik desa dan 216 ha lahan milik perhutani ini, kini dipimpin oleh kepala desa perempuan.

Kusyati Kepala Desa Cipetung yang terpilih ini telah melakukan berbagai perubahan di desanya bersama dengan lembaga yang ada di desa serta peran aktif dari masyarakatnya.

Sejak bulan Agustus 2019 Desa Cipetung menjadi desa binaan Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) yang bekerjasama dengan KOMPAK hingga April 2020 ini.

Salah satu yang dilakukan Kusyati adalah melakukan transparansi anggaran kepada masyarakatnya terkait dana APBDes di desanya.

Kusyati mengatakan, Pemerintah Desa Cipetung kini mulai berbenah, salah satunya adalah tentang transparansi anggaran baik anggaran realisasi maupun anggaran murni yang dibuat infografis.

"Cipetung berusaha makin transparan dalam anggaran, jadi berani membuat infografis realisasi apbdes 2019 agar warga tahu dana tersebut sudah direalisasikan sesuai dengan rencana," kata Kusyati.

Masih menurut Kusyati memang sudah selayaknya kita memasang infografis realisasi anggaran APBDes tahun sebelumnya dan tahun sekarang karena sudah menjadi kewajiban pemerintah desa dan hak masyarakat.

"APBDes yang kita buat itukan hasil kesepakatan bersama melalui musdes dengan BPD dan masyarakat yang kemudian di sahkan. Selanjutnya kita buat infografis tahun 2020 dan kami juga pampangkan infografis realisasi  yang telah kami lakukan tahun sebelumnya sebelumnya," ungkap Kusyati

Sementara itu M. Rodik, S.Pd.I selaku Ketua BPD Cipetung mengiyakan bahwa setelah dilakukan pendampingan oleh Seknas FITRA yang bekerjasama dengan KOMPAK ada perubahan.

"Sekarang Desa Cipetung sudah mulai bangkit lagi, setelah adanya pelatihan Modul Sekolah Anggaran Desa komunikasi dengan pemerintah desa lebih baik dan BPD sendiri lebih aktif melayani warga," ungkap Rodik.

"Saat pekan aspirasi warga yang dilakukan oleh Desa Cipetung juga sudah mengakomodir aspirasi masyarakat dan sudah masuk ke APBDes" tandas Rodik.

Nah sekarang desa mana lagi yang sudah memasang infografis realisasi anggaran tahun 2019 di desanya?

KBC-03

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x