Mohon tunggu...
Adian Saputra
Adian Saputra Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis

Menyukai tema jurnalisme, bahasa, sosial-budaya, dan lainnya. Saban hari mengurus wartalampung.id, sesekali menjadi pembicara dan pengajar tamu jurnalisme. "Menulis enggak mesti jadi jurnalis. Itu keunggulan komparatif di bidang kerja yang kamu tekuni sekarang."

Selanjutnya

Tutup

Kurma Artikel Utama

Beberapa Alasan Safari Ramadan Penting Dipertahankan

27 Maret 2023   07:47 Diperbarui: 3 April 2023   15:30 767
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi shalat tarawih di masjid. (sumber: Shutterstock via kompas.com) 

Sejak pandemi melanda, kegiatan Safari Ramadan jelas tidak ada. Jangankan mau bersafari, tahun pertama pandemi saja banyak masjid yang meniadakan salat tarawih.

Kini kita bisa tarawih lagi dengan hati lebih tenang. Namun, apa kabar safari Ramadan

Tampaknya tahun ini juga tidak ada. Apalagi ada surat edaran Presiden yang meniadakan buka puasa bersama oleh pejabat dan ASN.

Di masjid-masjid kampung, saat Ramadan, satu hingga dua kali menerima kunjungan rombongan safari Ramadan. Jika beruntung, kedapatan didatangi gubernur atau wali kota atau bupati beserta rombongan.

Yang paling beruntung bisa ketempatan safari Ramadan rombongan presiden dan menteri. Di masjid saya dahulu paling banter camat yang datang.

Saya melihat ada dampak positif dari safari Ramadan ini. Mestinya memang tradisi sejak masa Orde Baru ini dilestarikan. Ada sejumlah alasan kenapa safari Ramadan pejabat pemerintah ini penting dilakukan.

Pertama, wujud silaturahmi umara dengan rakyat

Pemerintah itu umara. Mereka diberikan kewenangan menjalankan eksekusi pembangunan. Umara ini mestilah dekat dengan rakyat. Sebab, pembangunan yang dikerjakan itu asasinya sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Jika masyarakat butuh jalan yang mulus, itulah yang diprogramkan. Jangan sebaliknya. Masyarakat minta perbaikan jalan, yang dikasih malah mesin pompa air. Kan tidak sinkron.

Adanya safari Ramadan ini wujud silaturahmi pemegang tampuk kekuasaan kepada rakyat. Dengan memanfaatkan momentum Ramadan, rakyat jadi tahu siapa eksekutif yang urus hajat hidup mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun