Mohon tunggu...
Adi SuhenraSigiro
Adi SuhenraSigiro Mohon Tunggu... Dosen - Melayani Tuhan, Keluarga, Negara, Gereja, Sesama, serta Lingkungan merupakan panggilan sejak lahir

Pendidikan S1: Sekolah Tinggi Teologi Kharisma Bandung (Lulus 2016). Pendidikan S2: Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus Bandung (Lulus 2020). Pelayanan: Perintisan dan Pemuridan di Gereja Bethel Indonesia Jl. Pasirkoja 39 Bandung, tahun 2012-2022. Pekerjaan: Dosen PNS IAKN Tarutung

Selanjutnya

Tutup

Worklife

"Latsar CPNS Kementerian Agama Tahun 2022"

1 September 2022   11:34 Diperbarui: 1 September 2022   12:27 496
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tarutung, 01 September 2022

Oleh: Adi Suhenra Sigiro

Senang sekali, hari ini delapan orang peserta latsar CPNS dari IAKN Tarutung, yakni 1. Adi Suhenra Sigiro, S.Pd.K., M.Th. 2. Betsaida Oktafitriati Panjaitan, S.Pd. 3. Debora Lumbantobing, S.H. 4. Denata Rajagukguk, M.Sn. 5. Mei Lastri E.F Butar Butar, S.Pd., M.Hum. 6. Purnama Sari Situmorang, A.Md. 7. Omta Purba, M.Si. 8. Yosua Sibarani, M.Th bersama tiga orang rekan lainnya peserta Latsar CPNS dari STAIN Madina, yakni, 1. Nana Gustianda, S.Th.I., M.Ag. 2. Nugraha Andri Afriza, M.Ag. 3. Rengga Irfan, M.Ag tergabung dalam satu kelompok untuk menerima pembelajaran modul agenda II, yakni "Berorientasi Pelayanan." Hari ini yang menjadi Widyaiswara atau Narasumber yang memberikan materi adalah Bapak Idris Eal Al Amini, M.AP. Sebagai orang yang ditugaskan oleh BKD Kemenag Sumuatera Utara, beliau mengajarkan materinya dengan metode dan pendekatan diskusi, tanya jawab, penugasan dan berbagi pengalaman hidup. 

Secara garis besar materi dari agenda 2 yang disampaikan oleh Widyaiswara mengenai tema Berorientasi pelayanan, Bapak Idris mengemukakan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara PNS, kinerja yang berorientasi pelayanan berarti harus menunjukkan nilai pelayananan itu sendiri yakni mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Bapak Idris menyampaikan bahwa paling tidak ada  3 ciri pelayanan yang positif yang dapat dirasakan oleh mayarakat, yakini:

  • Pelayanan harus terstandar dan terukur.
  • Pelayahan harus menggunakan logika daan hati.
  • Pelayanan harus menggunkan kebijakan (bijak).

    Sebagai seorang PNS maka cara kerja harus sesuai dengan kepanjangan dari huruf PNS itu sendiri, yakni:

  • Profesional, menguasai bidang tugas dan mempu melaksanakan dengan kinerja terbaik.
  • Netral, dalam menjalankan pekerjaan dan pelayanannya tidak berpihak terhadap golongan tertentu.
  •  Solid. Sebagai PNS harus mendukung, memperhatikan dan peduli terhadap semua orang tanpa melihat latar belakang dan profesi mereka.

    Kiranya materi ini berguna dalam tugas yang dipercayakan pemerintah kepada kami. Terimkasih. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun