Mohon tunggu...
Adi SuhenraSigiro
Adi SuhenraSigiro Mohon Tunggu... Dosen - Melayani Tuhan, Keluarga, Negara, Gereja, Sesama, serta Lingkungan merupakan panggilan sejak lahir

Pendidikan S1: Sekolah Tinggi Teologi Kharisma Bandung (Lulus 2016). Pendidikan S2: Sekolah Tinggi Alkitab Tiranus Bandung (Lulus 2020). Pelayanan: Perintisan dan Pemuridan di Gereja Bethel Indonesia Jl. Pasirkoja 39 Bandung, tahun 2012-2022. Pekerjaan: CPNS Dosen di IAKN Tarutung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Siapa yang Mengendalikan Hidupmu?

16 Agustus 2022   14:11 Diperbarui: 16 Agustus 2022   14:15 94 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hand Phone apapun mereknya, kualitas tinggi atau rendah, harga mahal atau murah akan menghasilkan sesuatu yang baik apabila yang memegang, menggunakan, yang mengendalikan adalah orang benar, tetapi sebaliknya akan menjadi sesuatu yang merusak kehidupan apabila dipegang, dipakai, digunakan oleh orang yang tidak benar. 

Hidup kita juga akan menghasilkan kualitas yang baik dan buruk tergantung siapa yang memegang, mengendalikan, memimpinnya. Apabila kita hidup dipimpin oleh iblis maka hidup kita akan rusak, sebaliknya apabila kita hidup dalam pimpinan, dalam kuasa, jamahan, sentuhan Roh Allah, yakni Roh Kudus maka hidup kita akan menghasilkan sesuatu yang baik dan berguna bagi kemuliaan nama-Nya.

Paling tidak jika Roh Kudus mengendalikan hidup kita maka kita mengalami dan menerima 4 M, yakni:

  • M: embuat kita bisa percaya bahwa Yesus adalah satu2nya jalan, kebenaran, dan hidup (Yoh.14:6), jalan keselamatan (Yoh.3:16) dan setia mengikut Yesus dalam segala kondisi maupun situasi apapun (Mat. 16:13-20; 1 Kor.12:3; Gal.1:11-14).
  • M: menyadarkan kita akan kekurangan maupun kesalahan yang kita lakukan karena tidak semua orang bisa menyadari, mengakui kesalahannya atau dosanya jika tidak diinsyafkan Roh Kudus, semua orang biasanya merasa benar (Yoh.16:8).
  • M: enolong kita supaya hidup berkemenangan dalam segala hal, Ketika kita dipimpin Roh Kudus kita menang dalam kedagingan (Gal. 5:16-26), menang dalam mengatasi kelemahan dan pergumulan hidup (Rom. 8:26-30).
  • M: embuat kita maksimal dalam pelayanan karena Roh Kudus akan mengurapi dan memberikan karunia2-Nya (karunia Roh Kudus) bagi kita (1 Kor. 12, 1 Kor. 14)

Jadi sama seperti Hp tadi, akan menghasilkan sesuatu yang baik/buruk tergantung siapa yang memegangnya, demikian juga dengan hidup kita tergantung siapa yang memegang, menyentuh, menjamah dan memimpin apakah iblis (kuasa kegelapan, kedagingan) atau memilih hidup dalam pimpinan Roh Kudus, kita pasti tau konsekuensinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan