Mohon tunggu...
muhammadAdis
muhammadAdis Mohon Tunggu... Mahasiswa - Aktif

Berdo'a, Berfikir, Bekerja, Bertawakal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keistimewan Sholat Tahajud

29 Juli 2021   13:37 Diperbarui: 29 Juli 2021   14:10 79 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keistimewan Sholat Tahajud
Foto: Dokumentasi Pribadi

Sholat tahajud menjadi salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk diamalkan. Bahkan dalam sebuah hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang paling utama bahkan menduduki perinkat teratas setelah sholat wajib. Berikut ini adalah dalil  dalil yang menyebutkan tentang sholat tahajud:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya : Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

أفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْـدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa pada) bulan Allah yang mulia (Muharram) dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat tahajud (sholat malam). (HR. Muslim)

Bahkan di dalam surat al isra ayat 78

Tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam , sebelum solat Tahajud di anjurkan untuk tidur terlebih dahul walaupun 5 Menit

adapun rakaat dalam solat tahajud sebagian ulama berpendapat solat tahajud minimal 2 rakaat ada juga 8/12 Rakaat bahkan tidak terbatas.

Walaupun sulit dikerjakan solat tahajud mempunyai beberapa Keutaman dan manfaatnya diantaranya

Pertama, sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah, Kedua mendapatkan kemuliaan Ketiga, Dirahmati Allah keempat, dikabulkan do’a kelima menghapus dosa dan penghalang dari maksiat keenam kesempatan menghirup udara yang bersih ketujuh, memberikan ketenangan, kedelapan menyembuhkan berbagai penyakit kesembilan, Allah akan membanggakan Orang yang melakasanakan solat malam.

Semoga bermanfaat .

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN