Mohon tunggu...
Adi Pras
Adi Pras Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

cuma pen nulis aja kok

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar Menulis Dalam Bahasa Inggris

29 Oktober 2022   14:44 Diperbarui: 29 Oktober 2022   15:00 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: pixabay.com

Menulis merupakan salah satu aspek yang perlu kamu kuasai dalam mempelajari sebuah bahasa. Menulis merupakan kegiatan merangkai kosa kata menjadi sebuah kalimat, tentunya dengan aturan tata bahasa yang berlaku. Menulis menjadi salah satu hal sulit dalam belajar bahasa Inggris. Tentunya kamu akan lebih mudah dalam memahami kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris daripada membuat kalimat bahasa Inggris itu sendiri. Nah, jika kamu sedang atau ingin belajar menulis dalam bahasa Inggris, artikel ini akan memberikan kiat-kiat sederhana untuk kamu untuk membantu proses belajarmu. Simak sampai habis ya!

Pelajari Dasar-Dasar Bahasa Inggris

Tentunya sebelum belajar menulis dalam bahasa Inggris, kamu perlu memahami terlebih dahulu dasar-dasarnya. Tentunya kamu harus menghafal kosa kata dan artinya, selain itu kamu juga harus memahami grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris. Grammar biasanya menjadi ha yang sulit bagi seorang pemula, dan siapa saja pastinya takut untuk membuat kesalahan. Maka dari itu kamu harus memberikan waktu khusus untuk belajar grammar.

Jika kamu ingin belajar grammar, banyak informasi yang bertebaran di internet tentang ini. Kamu bisa memnafaatkan kemudahan tersebut untuk meningkatkan skillmu dalam writing. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi untuk belajar bahasa Inggris, banyak aplikasi yang memberikan fitur belajar yang seru dan menyenangkan.

 

Membaca Tulisan Berbahasa Inggris

Sebelum mulai untuk belajar menulis, tentunya kamu harus sudah mahir dalam membaca tulisan berbahasa Inggris. Akan tetapi tidak hanya membaca, kamu juga bisa memanfaatkan tulisan bahasa Inggris ini untuk melatih kemampuan bahasa Inggrismu. Kamu bisa menggolongkan setiap kalimat yang ada di tulisan bacaanmu ke dalam kelompok grammar-grammar yang sudah kamu pelajari. Jadi dari hal ini saja, kamu sudah bisa mendapatkan bahan belajar.

Rangkai Tulisan-Tulisan Sederhana

Setelah kamu memahami tata penulisan dalam bahasa Inggris, kamu harus mencoba mempraktekannya dengan menulis kalimat-kalimat sederhana. Cobalah untuk menulis kalimat berdasarkan grammar yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Kamu bisa mencoba membuat kalimat aktif, kalimat pasif, cause dan effect, atau yang lain seuai dengan apa yang kamu pelajari. Atau kamu juga bisa mencoba untuk membuat perkenalan sederhana dalam bentuk tulisan, seperti memperkenalkan nama, alamat, kegemaran atau peristiwa-peristiwa penting yang pernah kamu alami.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun