Mohon tunggu...
Adhy Bisyam
Adhy Bisyam Mohon Tunggu... Content Creator

Seorang mahasiswa yang senang traveling, musik, dan film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Yogyakarta dan Keistimewaan Tiada Akhir

24 April 2021   00:43 Diperbarui: 24 April 2021   01:18 40 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yogyakarta dan Keistimewaan Tiada Akhir
Foto by : Adhy Bisyam

Yogyakarta dengan semua keistimewaan kota, sejarah, budaya, dan alam nya yang tak akan lekang dimakan oleh waktu ini memiliki sejuta keindahan dan akan membuat kita selalu di serang rasa rindu dalam hati akan kota istimewa ini. Walau dihantam dengan arus gelombang globalisasi yang kuat tidak membuat Yogyakarta kehilangan nuansa tradisional dan budaya nya, malah salah satu keistimewaan dari daerah Yogyakarta ini dimana kultur tradisional dengan modernisasi terbalut menjadi satu menjadi suatu keindahan yang begitu apik. Tentu saja keindahan Yogyakarta tidak perlu dibuktikan lagi. Daerah Istimewa Yogyakarta dengan keharmonisan lembut nan indah kebudayaannya membuat setiap orang betah untuk selalu berlama-lama disini.

Setiap sudut dari kota ini begitu istimewa, mulai dari wisata alamnya, kuliner, hingga budaya nya yang penuh akan warna. Sebut saja kawasan Pedestrian Malioboro yang begitu romantis, beribu wisata pantai indah nya yang ditemani alunan merdu ombak dan angin, angkringan sambil ditemani dengan suasana khas angkringan dan aroma kayu bakarnya, atau keraton sebagai tempat tinggal sultan dan juga sebagai museum hidup dengan segala kebudayaan di dalamnya.

Selain itu masih banyak tempat wisata alam di Yogyakarta yang kurang lengkap rasanya jika tak dikunjungi ketika berada di Yogyakarta. Seperti misalnya pantai Parangtritis yang keindahannya sudah gak diragukan lagi dan lekat dengan berbagai hal mistisnya, kedung pedut dengan air terjun dan kolam alami yang memanjakan raga.

Wisata kalibiru dengan keindahan perbukitan yang membentang sambil menikmati udara segar khas pegunungan, Keindahan curug Pulosari yang berada di tempat terpencil, curug Luweng Sampang yang tampak seperti Grand Canyon di Amerika, puncak sosok dengan menikmati panorama kota Yogyakarta di malam hari sambil ditemani live music, kereta gantung di pantai Timang yang membuat adrenalin terpacu, bukit panguk kediwung dengan keelokan sunrise dan gumpalan awan yang sangat memanjakan mata.

Pesona bunga matahari yang tak kalah indah di pesisir pantai Samas, jembatan gantung di Pantai Sinden dan Pulau Kalong yang menguji nyali, pantai Watu Lumbung yang memiliki batu karang dengan formasi unik, mengistirahatkan raga di Pantai Wedi Ombo yang memiliki kolam alami, Watu Giring yang memiliki bentuk seperti peninggalan suku Maya, dan hutan pinus mangunan yang setiap sudutnya diselimuti keindahan, dan berbagai tempat yang penuh akan keindahan lainnya.

Selain wisata alamnya, menikmati wisata kuliner di Yogyakarta juga tidak bisa dilewatkan begitu saja. Gudeg yang merupakan ikon khas Jogja ini sangat wajib disantap ketika berkunjung ke Jogja, salah satu tempat legendaris dengan olahan gudeg nya adalah Gudeg Yu Djum yang telah berdiri sejak 1951, Oseng-oseng Mercon Bu Narti dengan olahan pedas nikmat yang membuat lidah bergoyang, Angkringan Kopi Jos Lek Man dengan kopi yang ditambahkan arang didalamnya, Mie Ayam Tumini dengan mie ayam berkuah kental yang bikin nagih, lumpia Samijaya yang rasanya tak diragukan lagi, kenikmatan gudeg tengah malam di warung Gudeg Pawon, Mangut Lele Mbah Marto yang telah ada sejak 1960 an, Bakmi Mbah Mo yang bikin nagih, Entok Slenget Kang Tanir yang empuk dan menyengat lidah, House of Raminten yang menyajikan makan tradisional dengan cara yang elegan dan berkelas, Bakso Klenger Ratu Sari yang memiliki menu bakso hingga seberat 50 kg, dan masih banyak lagi.

Wisata budaya yang ada di Yogyakarta juga tidak kalah menarik. Misalnya saja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang merupakan istana resmi kesultanan jogja dan juga sebagai museum hidup, Museum Sonobudoyo dengan koleksi paling lengkap kedua se Indonesia, Candi Prambanan dengan keindahan arsitektur yang cocok untuk menikmati sunset, Masjid Gedhe Kauman yang menjadi simbol Kerajaan Islam Mataram dan katanya sebagai masjid tertua yang ada di Indonesia, Museum History of Java dimana teknologi dengan sejarah bertemu dan berbaur dengan apik.

Ada juga Tamansari yang dahulu merupakan tempat rekreasi Sultan dan kerabatnya yang didalamnya ada kolam pemandian, ruang-ruangan, kanal air, dan terdapat juga kolam besar, selain itu ada Makam Imogiri yang merupakan makam para Raja Mataram dan sebuah tempat wisata sejarah yang sedikit berbeda dari yang lainnya, Museum Sonobudoyo yang merupakan museum terlengkap kedua di Indonesia yang memiliki fokus pada koleksi kesenian dan juga koleksi kebudayaan Indonesia, dan Benteng Vredeburg yang merupakan sebuah museum perjuangan nasional Indonesia.

Sebenarnya masih sangat banyak tempat yang wajib banget di kunjungi ketika berada di Yogyakarta. Tapi tak akan ada habisnya jika kita sebutkan satu persatu, karena setiap sisi dari Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki keistimewaan nya sendiri mulai dari alam, kuliner, dan budaya nya yang membuat suatu keharmonisan dan warna istimewa di kota ini. Percayalah sekali anda ke Jogja maka anda akan selalu membuat anda rindu yang sangat dan akan ingin selalu kembali.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x