Mohon tunggu...
Adhiyan Wahyudi
Adhiyan Wahyudi Mohon Tunggu... Foto/Videografer - PENCINTA ALAM I NEVER STOP EXPLORING

Seorang penjelajah yang datang dari masa depan untuk menemukan biji kopi pilihan yang ciptakan kopi enak

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Para Samurai di Gunung Semeru

14 April 2022   06:06 Diperbarui: 14 April 2022   06:17 195 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Para pemain utama dari film "Rurouni Kenshin: The Final/The Beginning" (2020). (Twitter/ruroken_movie) 

Pada era perang kemerdekaan sekelompok prajurit Kekaisaran Jepang enggan kembali ke negerinya. Mereka memilih tinggal di Indonesia dan menuntaskan tugasnya "membantu" Indonesia mengalahkan Kerajaan Belanda. Para prajurit itu bernama Pasukan Gerilya Istimewa. Mereka mempunyai markas di Gunung Semeru. Pasukan ini sangat ditakuti oleh Belanda karena kemampuan tempurnya yang sangat mumpuni. 

Faktanya, tentara Kekaisaran Jepang  memang mempunyai fighting spirit yang sangat hebat. Mereka sejak awal memang terdidik menjadi pasukan tangguh yang sanggup mengalahkan musuh yang lebih hebat, besar dan kuat. Bahkan tentara KNIL yang konon tak terkalahkan justru mampu digulung oleh pasukan Jepang dalam waktu singkat. 

Walaupun dianggap sebagai penjajah, kedatangan tentara Jepang di Indonesia ternyata pernah populer di mata masyarakat. Jepang yang menganggap dirinya sebagai saudara tua awalnya datang untuk membantu Indonesia memerdekakan dirinya dari cengkeraman penjajah Belanda. Jika anda pernah melihat film Seven Samurai maka seperti itulah gambaran keadaan Indonesia ketika berada di era penjajahan Jepang. 

Jangan dikira Jepang tidak bersentuhan dengan Belanda seperti kita. Jepang bahkan menjalin kerjasama perdagangan dengan Belanda sejak zaman VOC. Walaupun sudah berkenalan lama, Jepang sedikitpun tidak dijajah seperti halnya Indonesia. Padahal dengan kekuatan militernya, Jepang yang kala itu masih diperintah oleh Para Shogun tidaklah sehebat militer Kesultanan Banten atau Aceh. 

Pada abad ke 18, Jepang juga bukanlah negara yang kuat. Mereka justru memulai abad itu untuk memodernisasi negaranya tatkala orang Belanda berhasil menguasai total Pulau Jawa yang ditandai dengan runtuhnya Kesultanan Banten.

Jepang mulai dikenal dunia dan menjadi Macan Asia tatkala melakukan revolusi besar-besaran yang dipimpin oleh Kaisar Meiji. Revolusi yang menandai kebangkitan Jepang menjadi negara maju itu bernama Restorasi Meiji. 

Pada masa itu Kaisar Meiji mencabut mandat yang diberikan kepada Keshogunan dan mengambil alih pemerintahan. Kaisar yang selama beratus-ratus tahun hanya menjadi simbol negara dan menjadi dewan penasehat keshogunan kemudian aktif dalam pemerintahan.

Restorasi Meiji berawal dari kegagalan Keshogunan untuk membawa Jepang menjadi negara besar. Praktik feodalisme (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) merajalela sementara Para Shogun hanya mementingkan keluarga dan kelompoknya sendiri. 

Para oligarki ini kemudian menghisap jati-diri bangsa dan melunturkan prinsip para samurai (ksatria) yang sebetulnya adalah kekuatan terbesar negara ini. 

Praktik isolasi berbalut rasa nasionalisme pada akhirnya juga hanya bertujuan melanggengkan kekuasaan dan memonopoli perekonomian negara. Pada titik ini, para pemuda kemudian berontak dan meruntuhkan Keshogunan sebagaimana yang digambarkan dalam film Ruroini Kenshin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan