Mohon tunggu...
Adhiyan Wahyudi
Adhiyan Wahyudi Mohon Tunggu... Belajar menulis untuk mengisi waktu luang

Pencinta Alam yang hobi mendaki gunung, membaca dan bercerita. Penikmat kopi dan langit senja.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jumat Agung

1 April 2021   13:54 Diperbarui: 1 April 2021   15:49 94 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jumat Agung
Gereja Katedral St. Perawan Maria Gunung Karmel Malang (Dok. Pribadi)

Besok hari Jum'at tanggal 2 April 2021 bertepatan dengan tanggal merah yang memperingati Jum'at Agung. Peristiwa yang dikenang adalah penyaliban Yesus Kristus di bukit Golgota oleh tentara Romawi. Penyaliban itu terjadi atas desakan rabi-rabi Yahudi yang merasa jengah dengan khotbah-khotbah Yesus Kristus yang mempunyai pengikut sangat banyak. Yesus Kristus yang berkebangsaan Yahudi mengajarkan ajaran cinta kasih dan mengingatkan bangsa Yahudi akan datangnya hari penghakiman. Walaupun mempunyai pengikut sangat banyak di kalangan orang-orang Yahudi, Yesus Kristus tidak melakukan perlawanan tatkala ditangkap, disiksa, diolok-olok dan dihukum mati di tiang salib.  

Dalam tradisi Islam, hari Jum'at sangat diistimewakan. Pada hari Jum'at umat Islam utamanya kaum laki-laki diwajibkan sholat Jum'at di masjid. Sesuai hadis hari Jum'at adalah rajanya hari dan mengenang peristiwa penciptaan Nabi Adam, hari ketika Nabi Adam dimasukkan ke dalam sorga, hari ketika Nabi Adam dikeluarkan dari sorga dan hari terjadinya Kiamat.

Dalam sejarah penyebaran agama Islam di tanah Jawa, tanggal 2 April menjadi tonggak berdirinya Kerajaan Cirebon dibawah pemerintahan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Pada tanggal 2 April 1482, Sunan Gunung Jati memaklumatkan kemerdekaan Cirebon atas Kerajaan Pajajaran yang ditandai dengan dihentikannya pembayaran upeti. Sunan Gunung Jati yang secara keturunan adalah cucu Sri Baduga Maharaja kemudian mengembangkan Cirebon menjadi kerajaan Islam pertama di tatar Sunda bersamaan dengan berdirinya Kerajaan Demak dibawah pemerintahan Raden Patah. Dua kerajaan besar itu kemudian menjadi pendorong tersebarnya ajaran Islam di kalangan bangsawan dan para Adipati. Keduanya bahkan menjalin persekutuan kuat tatkala menghadapi invasi Portugis di Malaka dan Sunda Kelapa.

Salah satu putra Sunan Gunung Jati yaitu Maulana Hasanudin kemudian melanjutkan perjuangan ayahandanya dengan mendirikan Kesultanan Banten yang saat itu kemudian berkembang menjadi kesultanan terkuat di Nusantara. Pada masanya, Kesultanan Banten memiliki kesatuan angkatan perang yang modern dan dibekali senjata-senjata api buatan Eropa. Kapal-kapal perangnya juga ditakuti karena dilengkapi meriam-meriam besar. Tatkala Sultan Ageng Tirtayasa dikhianati putranya yaitu Sultan Haji, Pangeran Purbaya diangkat sebagai putra mahkota yang kemudian meneruskan trah asli Sunan Gunung Jati. Trah asli ini kemudian menjadi adipati-adipati Pasuruan tatkala mantan istri Pangeran Purbaya yaitu Gusik Kusuma dinikahi oleh Untung Surapati.

Peristiwa pengkhianatan Sultan Haji tentu mengingatkan kita pada kisah pengkhianatan Yudas Iskariot atas gurunya sendiri. Yudas Iskariot "menjual" Yesus Kristus dengan harga 30 keping perak pada imam-imam kepala. Walaupun disalib, Yesus Kristus jauh-jauh hari sudah tahu akan pengkhianatan itu dan sudah berjanji untuk bangkit pada hari ketiga dan kembali pada akhir zaman untuk menjadi hakim dan menghakimi umat manusia.

Saya merasa beruntung dilahirkan pada hari Jum'at pada tanggal 2 April 1982. Ini artinya saya dilahirkan bertepatan dengan 500 tahun berdirinya Kerajaan Cirebon. Cirebon yang menjadi pilot pengembangan sistem pemerintahan Islam tidak saja mengubah tataran pemerintahan kuno menjadi semi modern tetapi juga menjadi semacam perguruan Islam yang didatangi oleh para Adipati pesisir. Cirebon adalah simbol penyempurnaan Islamisasi Pulau Jawa yang menutup era Kasunanan dan membuka era baru Kesultanan.

Karena bersesuaian dengan hari lahir sendiri maka izinkan saya mengucapkan: Selamat Memperingati Hari Jum'at Agung. Semoga kita mendapat kedamaian dan selalu berada di jalan kebenaran.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x