Mohon tunggu...
Adhitya Candra Gustyansyah
Adhitya Candra Gustyansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

Halo semuanya selamat datang, terimakasih telah berkunjung ke profil kami!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

UMKM Arum Manis yang Mendunia Sebelum Terjadinya Pandemi Covid-19

28 September 2021   13:41 Diperbarui: 28 September 2021   13:43 39 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Arum Manis, mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui produk dari UMKM yang ada di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu ini. UMKM Arum Manis ini sejatinya sudah eksis lebih dari 10 tahun yang lalu dan memiliki banyak peminat dari dalam maupun luar negeri. Akan tetapi adanya pandemi Covid-19 ini membuat UMKM ini sedikit terancam keberadaannya. Sebenarnya, produk UMKM Arum Manis ini sangat berkualitas dan bisa bersaing dengan produk Arum Manis yang ada di tempat lain. Sayangnya, semenjak Pandemi Covid-19, terjadi penurunan penjualan akibat banyaknya toko-toko perbelanjaan yang sepi dan tempat wisata yang tidak kunjung buka.

Adanya kunjungan yang dilakukan oleh 5 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Gelombang 14 Kelompok 70 yang melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu memiliki tujuan untuk membantu para UMKM yang ada di Desa Pendem termasuk UMKM Arum Manis ini. 

Dokpri
Dokpri

Para mahasiswa tersebut mendatangi UMKM Arum Manis ini dan melakukan obrolan santai dengan pemilik UMKM tersebut. Selain itu, para pemilik UMKM tersebut juga mempersilahkan mahasiswa ini untuk melihat proses produksi dari awal hingga pengemasan produk yang siap untuk dijual. Pada pelaksanaannya, 5 mahasiswa tersebut ingin membantu memasarkan Produk UMKM Arum Manis ini menggunakan media sosial. 

Tidak bisa disangkal lagi, saat ini media sosial memiliki peranan penting dalam penyebaran suatu informasi, tidak terkecuali produk UMKM. Media sosial memiliki daya gedor yang dapat memberikan pasar yang lebih luas terhadap produk UMKM tersebut. Akan tetapi hal tersebut harus diiringi dengan ide yang menarik dalam mengenalkan suatu produk agar dapat mendapat perhatian lebih dari pengguna sosial media.

"Sebuah kewajiban bagi kami, anak-anak muda yang lebih mengenal teknologi untuk bisa membantu UMKM yang ada agar tetap dapat bertahan dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Selain itu, kami juga berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menarik perhatian para pengguna sosial media dengan produk UMKM yang akan kami pasarkan menggunakan sosial media, tentunya hal tersebut kami iringi dengan pembuatan konten yang menarik serta lebih kreatif lagi" ucap salah satu mahasiswa.

Dokpri
Dokpri

Pada akhir kunjungan, para mahasiswa tersebut mengucapkan banyak terimakasih karena telah diperkenankan oleh pemilik UMKM dalam membantu memasarkan produk-produk UMKM tersebut menggunakan media sosial. "Suatu kebanggaan, kami dapat membantu memasarkan prododuk UMKM ini menggunakan media sosial serta dikemas dengan konten yang menarik agar dapat menarik perhatian orang-orang di luar sana yang nantinya produk UMKM ini akan lebih dikenal dan memiliki pasar yang lebih luas lagi" tutup salah satu mahasiswa.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan