Mohon tunggu...
Adhitio Nugraha
Adhitio Nugraha Mohon Tunggu... Freelancer - Novice Writer

Write what is being thought about in the form of ideas or anxiety. Happy reading!

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Tips Berprestasi dalam Bidang Video di Masa Pandemi

3 Juli 2020   15:31 Diperbarui: 3 Juli 2020   15:31 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustration by Denise Jans on Unsplash

Melanjutkan tulisan yang saya buat dua hari lalu yang bertemakan sama, namun letak perbedaannya hanya di bidang saja, klik disini biar nyambung! 

Saya akan membahas terkait dengan berprestasi di bidang video saat berstatus mahasiswa. Untuk masalah prestasi di bidang ini ya memang banyak, iya, banyak mengalami kegagalan hahah. Sudah tak terhitung lomba video kreatif yang saya ikuti dengan berbagai macam tema di dalam lomba tersebut, dan semuanya mengalami kekalahan. 

Dari situ saya belajar memproduksi sebuah film pendek atau video kreatif memang tidak mudah, ada beberapa hal yang memang harus memenuhi prosedur dari pembuatan film pendek. Mulai dari membuat script dialog pemeran, menentukan tempat yang mendukung sesuai tema yang ada dan kebutuhan pokok dari pembuatan video tersebut seperti kamera, earphone, tripod dan yang paling penting memiliki aplikasi edit video. Bahkan, semua properti juga sampai pinjam teman.

Setelah sekian waktu dan terus berusaha, pada akhirnya saya merasakan apa rasanya menjadi pemenang lomba short movie tingkat nasional yang saat itu mendapatkan juara 3. "Namanya manusia tidak akan pernah merasa puas" selanjutnya terus coba ikuti lomba tapi dengan personil yang berbeda saat itu, Tim saya adalah adik tingkat yang sudah ditempa untuk menggeluti bidang ini hingga pada akhirnya juga mereka merasakan apa itu juara sesungguhnya.

Untuk itu kepada kalian, saya mencoba memberikan beberapa tips agar kalian bisa membuat video walaupun dengan belajar otodidak, apalagi di masa pandemi seperti ini. Sebagai informasi, aplikasi edit video yang saya pakai adalah aplikasi Filmora, para pembaca bisa dapatkan disini dan sifatnya open source. 

Untuk kapasitas Filmora itu sendiri tidak memakan banyak ruang, untuk versi nya berbagai macam versi dan yang terbaru saat ini yaitu versi 9.3. Saya merekomendasikan bagi para pembaca yang baru menggeluti edit video maupun laptop nya yang kapasitas nya terbatas, untuk tutorial edit video filmora sendiri bisa dilihat di channel youtube Stupid Bejo ada banyak sekali tips dan trik melakukan edit video yang tidak kalah keren sama aplikasi berbayar.

Bagi kalian yang mempunyai laptop dengan kapasitas besar tapi tidak dimanfaatkan dengan baik bisa mencoba download aplikasi Adobe Premiere Pro, aplikasi edit video dengan fitur yang sangat lengkap dan banyak dipakai oleh orang professional. Untuk tutorial edit video Premiere Pro sendiri bisa dilihat di channel youtube DaunnetFilms, Angr dan masih banyak lagi. Selanjutnya, terakhir saya ingin memberikan suatu website yang berisikan backsound untuk memperindah video anda, salah satunya di bensound yang sering saya pakai, namun kalian bisa mencari di source lain di google atau youtube dengan kata kunci no copyright ya.

Sekian tips yang saya bagikan pada kalian, semoga dengan adanya pandemi ini tidak menjadikan alasan kita untuk berhenti berkarya. Justru lebih banyak karya yang bermanfaat untuk orang lain. Tulisan pertama dan kedua ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, jika saat ini ada pembaca yang juga punya tips lain, bisa sharing di kolom komentar yah. 

Menjadi seorang juara tidak ada jalan lapang, mulus, dan lancar. Sebilah pedang yang tajam saja hanya bisa kuat dan tak terpatahkan kalau ditempa dengan panas dan tekanan yang luar biasa. Demikian pula dengan kita, untuk menjadi hebat dan tak terhentikan, kita perlu ditempa dengan tantangan dan tekanan yang luar biasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun