Mohon tunggu...
Adhimukti
Adhimukti Mohon Tunggu... Antariksa

Selalu Belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Asyik Belajar Daring dengan Pendekatan STEAM

5 Mei 2021   12:39 Diperbarui: 5 Mei 2021   12:49 50 1 0 Mohon Tunggu...

AKSI NYATA PGP MODUL 1.1

OLEH: ANTARIKSA BUDIYATAMA, S.Pd.

CGP ANGKATAN 2 KABUPATEN TEMANGGUNG

A. Latar Belakang

Maju mundurnya suatu bangsa salah satunya ditentukan sumber daya manusia yang dimana peran pendidikan sangat kuat. Pendidikan maju tentu akan mencetak generasi yang maju baik secara intelektual maupun ketrampilan. Dengan sumber daya manusia yang unggul sangatlah mudah untuk membuat suatu bangsa sejahtera secara ekonomi. Begitu juga pendidikan di Indonesia yang masih dalam proses pendewasaan untuk mencetak generasi emas menjemput era industri 4.0.

Dalam situasi sulit yang disebabkan oleh pandemi covid-19 di seluruh dunia, membuat semua sektor kehidupan porak-poranda tak terkecuali dunia pendidikan. Belum siapnya insan pendidikan menghadapi pandemi covid-19 membuat kebingungan bagaimana melaksanakan pendidikan yang tak mungkin dilakukan secara tatap muka. Semua pihak baik dari pemerintah pusat maupun daerah membuat kebijakan agar semua warga negara terhindar dari paparan virus corona ini, demikian juga dinas pendidikan mau tidak mau harus membuat kebijakan sendiri. 

Diambilah kebijakan dimana pembelajaran yang tadinya dilakukan secara tatap muka atau luring mau tidak mau harus beradaptasi dengan pembelajaran daring yang dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tentu saja banyak kesulitan merubah kebiasaan yang belum pernah terpikirkan dalam dunia pendidikan. Namun pendidik harus tetap menjalankan tugasnya agar peserta didik tetap memperoleh layanan pendidikan.

Inovasi dalam dunia pendidikan harus dilakukan untuk masa seperti ini. Sesuai dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara bahwa anak mempunyai kodrad alam, kodrat zaman dan merdeka belajar maka pendidikpun juga harus dapat menyesuaikan diri dengan keadaan zaman yang semakin maju ini. 

Maka inovasi pembelajaran harus terus di dengungkan agar pendidikan tetap berjalan tanpa menghilangkan arti dari pendidikan itu sendiri. Tentu saja pembelajaran juga harus semakin berinovasi agar peserta didik tidak merasa bosan dengan apa yang di berikan guru di masa PJJ ini, namun tetap sesuai dengan tujuan pendidikan itu sendiri. Pendidik harus menemukan pendekatan ataupun model pembelajaran untuk mendukung kelancaran pembelajaran dimana kognitif dan ketrampilan tetap tercapai walaupun belajar di rumah.

B. Kegiatan Aksi Nyata

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) harus didukung dengan pendekatan atau model pembelajaran dimana tidak hanya mengejar kognitif saja tetapi juga ketrampilan. Penggunaan teknologi dalam hal ini Whats App dalam pembelajaran juga berperan agar pembelajaran lebih mudah dan materi pelajaran dapat tersampaikan dengan tepat sasaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x