Mohon tunggu...
Adhif Mambaul Ilmi
Adhif Mambaul Ilmi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, NIM 23107030122

Sura Dira Jayaningrat,Lebur Dining Pangestuti

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Wisata Black Canyon ala Pekalongan

29 Mei 2024   22:40 Diperbarui: 29 Mei 2024   23:04 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pekalongan, sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah, memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah Black Canyon Pekalongan, yang terletak di Taman Alam Nasional Petungkriyono.

 Destinasi ini menawarkan pesona alam yang luar biasa dengan mata air yang jernih dan keindahan alam yang menakjubkan. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai keunikan dan daya tarik Black Canyon Pekalongan, serta berbagai hal menarik yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

  • Keindahan Alam yang Menakjubkan

Black Canyon Pekalongan memukau pengunjung dengan keindahan alamnya yang unik dan menakjubkan. Begitu memasuki kawasan ini, pengunjung akan disambut oleh pemandangan yang memesona: air terjun yang mengalir deras di antara tebing-tebing batu berwarna hitam. Air terjun ini terdiri dari kedung atau kolam berundak yang menjadi tempat favorit bagi pengunjung untuk bermain air dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

Tidak hanya keindahan air terjunnya yang memukau, tetapi juga udara segar dan sejuk yang terasa di sekitar kawasan Black Canyon. Ketinggian tempat ini yang mencapai lebih dari 1.300 meter di atas permukaan laut membuat udara di sekitarnya menjadi sangat menyegarkan. Suara gemericik air yang mengalir dan alunan angin yang sejuk semakin menambah kesan damai dan menenangkan bagi para pengunjung.

Air yang mengalir di Black Canyon Pekalongan berasal dari tebing bebatuan tinggi dan bermuara di Sungai Welo. Kejernihan airnya menjadi salah satu daya tarik utama tempat ini, memungkinkan pengunjung untuk melihat dasar sungai dengan jelas. Bagi para penggemar fotografi alam, Black Canyon Pekalongan juga merupakan surga tersendiri dengan banyaknya spot foto menakjubkan yang dapat dieksplorasi.

  • Sejarah dan Perubahan Nama

Sebelum dikenal sebagai Black Canyon Pekalongan, tempat ini memiliki nama awal Kedung Sipingit Petungkriyono. Nama tersebut merujuk pada karakteristik alaminya yang terdiri dari kedung atau kolam berundak di tengah tebing-tebing batu. Namun, seiring dengan semakin populer dan terkenalnya tempat ini, nama Black Canyon menjadi lebih dikenal dan digunakan oleh masyarakat setempat.

Perubahan nama ini tidaklah mengubah pesona dan keindahan alam yang dimiliki oleh tempat ini. Malah, nama Black Canyon menjadi semacam identitas bagi tempat ini yang membuatnya semakin dikenal luas oleh masyarakat lokal maupun wisatawan dari berbagai daerah.

  • Fasilitas yang Memadai

Black Canyon Pekalongan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan dan kenyamanan pengunjung. Pertama-tama, tempat parkir yang luas dan teratur disediakan bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Tenda-tenda juga tersedia untuk melindungi kendaraan dari panas atau hujan, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tentang keamanan kendaraan mereka.

Selain itu, terdapat pula tempat penitipan barang dengan harga yang terjangkau, memudahkan pengunjung untuk menyimpan barang-barang mereka selama berkunjung. Bagi yang ingin berganti pakaian atau mandi setelah bermain air, bilik-bilik ruang bilas dan ruang ganti juga tersedia di pertengahan jalan menuju sungai.

Untuk pengunjung yang merasa lapar atau haus setelah bermain air, jangan khawatir karena terdapat warung-warung jajanan dan makanan berat di area ini. Pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan lezat dan segar sambil menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar mereka.

  • Harga Tiket yang Terjangkau

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun