Mohon tunggu...
Adhicipta Wirawan
Adhicipta Wirawan Mohon Tunggu... Desainer - AI Enthusiast, Dosen International Program Digital Media Petra Christian University (PCU), Penulis Buku Yuk Bikin Board Game Edukasi: https://bit.ly/bukubikinboardgame

Ciptakan Pendidikan yang Mudah dan Menyenangkan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

7 Pedoman Utama Merancang Maskot Perusahaan

16 April 2023   06:02 Diperbarui: 26 April 2023   08:14 1113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Great Root Beer, maskor restoran A&W Root Beer | Dok Kompas.com/Syifa Nuri Khairunnisa

Ketika perusahaan mulai memahami manfaat besar dari penggunaan maskot, maka pihak perusahaan harus paham apa saja yang harus dijadikan pedoman dalam menentukan maskot perusahaan yang tepat.

Merancang maskot perusahaan adalah salah satu cara yang efektif untuk memperkuat identitas merek dan meningkatkan kesadaran merek. Maskot adalah representasi visual merek yang dapat digunakan untuk membangun ikatan emosional antara merek dan konsumen.

Maskot perusahaan yang baik dapat membantu memperkuat citra merek dan mengkomunikasikan pesan merek dengan cara yang kreatif dan menghibur.

Berikut ini adalah beberapa pedoman dalam merancang maskot perusahaan:

#1 Sesuaikan dengan merek dan target pasar

Maskot perusahaan harus mencerminkan citra merek dan menarik perhatian target pasar yang diinginkan. Pastikan maskot menggambarkan karakteristik merek dan relevan dengan bidang industri atau sektor bisnis yang terkait. 

Sebagai contoh, maskot perusahaan yang digunakan oleh perusahaan makanan harus menarik perhatian konsumen dengan tampilan yang lezat dan menarik, sedangkan maskot perusahaan untuk perusahaan teknologi harus menonjolkan aspek-aspek kecanggihan dan kecemerlangan.

#2 Sederhana dan mudah diingat

Maskot yang sederhana dan mudah diingat akan lebih efektif untuk mengingat merek. Hindari membuat maskot yang terlalu rumit atau detail yang berlebihan. 

Maskot yang terlalu rumit dan detail yang berlebihan dapat membuatnya sulit diingat oleh konsumen dan dapat mengganggu pengalaman merek yang positif.

#3 Konsisten dengan merek

Maskot perusahaan harus konsisten dengan gaya dan elemen desain merek. Pastikan warna, font, dan gaya grafis maskot sejalan dengan identitas merek. Ini dapat membantu meningkatkan konsistensi visual merek dan memperkuat citra merek yang positif.

7 pedoman utama merancang maskot perusahaan (Sumber gambar: Kolase dokumentasi McDonal's, Wendy's, Planters, Hershey's, BIC, dan Michelin)
7 pedoman utama merancang maskot perusahaan (Sumber gambar: Kolase dokumentasi McDonal's, Wendy's, Planters, Hershey's, BIC, dan Michelin)

#4 Mudah diaplikasikan

Maskot perusahaan harus mudah diaplikasikan pada berbagai media, baik itu pada produk, situs web, atau kampanye iklan. Pastikan maskot dapat diterapkan pada berbagai ukuran dan resolusi tanpa kehilangan kualitas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun