Mohon tunggu...
Ade Setyaherwanti R
Ade Setyaherwanti R Mohon Tunggu... Lainnya - Writer

A woman who love writing

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Tanda Bahwa Kamu Jahat Pada Diri Sendiri, Sudah Saatnya Self-Love

17 November 2022   13:38 Diperbarui: 17 November 2022   20:52 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Crossed hands (unsplash.com/Giulia Bertelli)

Pernah nggak kamu merasa apa yang kamu lakukan hanya demi membuat bahagia orang lain tanpa kamu sadar bahwa hal itu justru merugikan kamu? Karena sadar atau nggak, terkadang kita berusaha membuat orang lain senang tanpa memikirkan perasaan sendiri.

Nah, tau nggak kalo hal tersebut justru jadi boomerang buat kamu. Kamu berusaha membuat orang lain bahagia tapi kamu justru berlaku jahat ke diri sendiri karena memprioritaskan kebahagiaan orang lain daripada diri kamu.

Jahat dengan diri sendiri maksudnya adalah ketika kamu tanpa sadar melakukan hal-hal yang nggak baik buat diri kamu sendiri. Bisa berawal dari ketika kamu berusaha menyenangkan orang lain, membuat orang lain bahagia, tapi kamu lupa untuk men-treat diri kamu lebih baik.

Nah, ada beberapa tanda lain yang harus kamu sadari bahwa kamu sudah jahat sama diri sendiri dan harus segera kamu hindari demi kebahagiaan dan kebaikanmu.

1.  Nggak berani nolak

Biasanya orang dengan tipe ini disebut people pleaser. Apa sih people pleaser? People pleaser adalah tipe orang yang ingin selalu membahagiakan orang lain, menjadi yang paling baik dan paling membantu.

Tipe ini biasanya bersedia melakukan apapun, nggak enakan ketika menolak supaya orang lain nggak kecewa sama dirinya dengan harapan bisa terus diterima. Kamu merasa nggak enak buat nolak sampai menuruti semua permintaan orang lain. 

2.  Nggak percaya sama kemampuan diri sendiri

Terkadang kamu terlalu meremehkan diri sendiri dan nggak percaya diri. Padahal apapun yang kita lakukan asal kita yakin dan berusaha pasti bisa dilakukan. Namun, kamu terlalu pesimis dan akhirnya malah secara tidak sadar kamu jahat dengan merendahkan kualitas diri kamu sendiri.

3.  Nggak bisa menerima kekurangan diri sendiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun