Mohon tunggu...
NOVI ANA RIZQIANI
NOVI ANA RIZQIANI Mohon Tunggu... Just The Little who has The Big Dream

Jika ada kebaikan dari akun ini, semata datangnya dari Allah swt.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Say Goodbye to "Penghuni Kedua"

24 September 2020   11:19 Diperbarui: 28 September 2020   08:24 27 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Say Goodbye to "Penghuni Kedua"
Ilustrasi: dok.pribadi

Revolusi komunikasi telah memangkas dimensi ruang dan waktu. Setiap orang dapat secara aktif berinteraksi, berkompetisi, dan berpendapat di Era 4.0. Modernisasi media massa menjadi daftar primacy dalam kehidupan. Salah satu  media populer saat ini yang mendominasi adalah media sosial.  Penggunanya memegang kendali penuh atas kepemilikan account di masing-masing media sosial.  Mengingat hal tersebut, penting bagi kita mengelola dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Pemahaman menjadi good admin menjadi krusial dalam hal ini. Sebab jika anda lengah, halaman anda akan dimasuki oleh ”penghuni kedua”. Mereka sering kali memanfaatkan moment ini. Singkat cerita, beberapa bulan lalu, salah satu account media sosial saya dihuni oleh “pemilik” yang bukan saya. 

Beruntungnya saya adalah, ”penghuni kedua” ini hanya menambahkan nama-nama yang tidak saya kenali.  “Penghuni kedua” ini berasal dari negara lain yang saya pun belum pernah mengunjunginya.  Pada artikel kali ini, saya akan membagikan beberapa tips untuk mengantisipasi agar, tidak terjadi hal tersebut pada rekan-rekan.

1.  Pastikan Terlebih Dahulu Lokasi Login

Lokasi login dapat ditemukan pada MENU PENGATURAN, kemudian pilih AKTIVITAS LOGIN.  Pada halaman tersebut, akan dinformasikan kapan, dimana, dan perangkat apa media sosial anda sedang diakses. Anda dapat dengan segera meLOG-OUT, jika ditemukan perangkat yang tidak anda kenal.

2.  Kelola Pengaturan Aplikasi dan Website

Menu ini masih terletak pada PENGATURAN, pilih APLIKASI DAN WEBSITE. Jika anda merasa tidak memberikan akses terhadap aplikasi atau website yang tercantum pada bagian AKTIF. Segera HAPUS yang sekiranya tidak anda kenali. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari pemberian izin oleh pihak ketiga yang tidak valid.

3. Segera Ubah Password

Anjuran mengubah kata sandi secara berkala sangat disarankan untuk diterapkan di seluruh account aplikasi yang anda miliki.  Intensitas perubahan yang sering dilakukan dapat meminimalisir terjadinya kunjungan oleh “Penghuni Kedua”.

4. Terapkan Panduan ini Secara Periodik

Mengelola account secara periodik dapat meningkatkan kewaspadaan anda terhadap kehadiran “Penghuni Kedua”. Anda dapat menerapkan panduan ini sebulan sekali atau seminggu sekali. Meskipun caranya terlihat sederhana. Namun pada umumnya, kebiasaan-kebiasaan kecil dapat menghasilkan dampak yang lebih besar.

Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN