Mohon tunggu...
Adelia Dwid
Adelia Dwid Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Peran Farmasis dalam Menyongsong Indonesia Sehat 2025

13 Januari 2018   15:23 Diperbarui: 13 Januari 2018   15:46 446
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Organisasi Kesehatan Dunia mengadakan pertemuan kelompok konsultatif tentang peran apoteker di sistem perawatan kesehatan, di New Delhi, di Kantor Regional WHO untuk Asia Tenggara, dari tanggal 13-16 Desember 1988. Tujuan pertemuan tersebut adalah:

* untuk menggambarkan pengetahuan dan keahlian yang mendasari kontribusi apoteker terhadap perawatan kesehatan;

* untuk meninjau kontribusi apoteker terhadap perolehan, kontrol, distribusi dan penggunaan obat secara rasional, dan fungsi apoteker terkait kesehatan lainnya;

* Merumuskan proposal mengenai:

- pengembangan yang diperlukan dalam pendidikan sarjana, pascasarjana dan berkelanjutan apoteker, dan dalam pelatihan staf pendukung;

- Tindakan yang diperlukan untuk mengoptimalkan penggunaan apoteker dalam sistem perawatan kesehatan;

- pengaturan untuk memantau perkembangan dan tindakan di atas.

Pertemuan tersebut dibuka atas nama Dr H. Nakajima, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, oleh Dr U Ko Ko, Direktur Regional, Kantor Regional WHO untuk Asia Tenggara, yang menekankan bahwa upaya untuk merasionalisasi perawatan kesehatan, untuk membangun prioritas alokasi sumber daya dan untuk meningkatkan fasilitas kelembagaan dan fasilitas lainnya, tidak ada konsekuensinya di mana pun pengiriman layanan frustrasi karena kurangnya infrastruktur terpadu.

Tidak ada kebutuhan akan infrastruktur ini lebih jelas dalam pengelolaan pasien sehari-hari daripada penyediaan obat-obatan esensial. Memang obat yang efektif bisa dipraktekkan hanya bila ada penanganan obat yang efisien. 

Ini adalah aksioma yang berlaku dengan validitas yang sama bagi negara maju dan negara berkembang. 

Namun, berkali-kali, dalam situasi yang kurang makmur, kekurangan dalam penyediaan perawatan kesehatan primer disebabkan oleh kekurangan dalam rantai distribusi obat. 

Hanya bila apoteker telah diterima sebagai anggota penting tim perawatan kesehatan, layanan pendukung yang diperlukan harus diatur dengan profesionalisme yang mereka permintaan. 

Di negara-negara industri yang sangat tinggi, penerimaan kebutuhan akan profesionalisme dalam penyediaan dan pengeluaran obat-obatan dan alat-alat kesehatan sudah lama sangat diperlukan karena kompleksitas teknologi perawatan kesehatan modern. 

Baru-baru ini, bagaimanapun, usaha untuk mendapatkan ekonomi yang ditimbulkan oleh biaya perawatan kesehatan yang terus berkembang di sektor publik telah memberi banyak kepercayaan dan kedekatan dengan argumen bahwa redefinisi peran apoteker dapat melayani kepentingan kedua pasien individual dan masyarakat di besar.

Kegiatan sehari-hari apoteker dalam dua setting yang sangat berbeda ini mungkin muncul, secara dangkal, menjadi sangat berbeda. Tapi, di mana-mana, seruan untuk keahlian farmasi didasarkan pada sila yang sama. Apoteker secara unik memenuhi syarat karena:

* Mereka memahami asas-asas jaminan kualitas karena obat-obatan;

* Mereka menghargai seluk-beluk rantai distribusi dan prinsip-prinsip stocking saham dan stock turnover yang efisien;

* mereka terbiasa dengan struktur penetapan harga yang diterapkan pada produk obat yang diperoleh di pasar tempat mereka beroperasi;

* mereka adalah penjaga banyak informasi teknis mengenai produk yang tersedia di pasar domestik mereka;

* mereka dapat memberikan saran informasi kepada pasien dengan penyakit ringan dan seringkali pada mereka dengan kondisi kronis yang sedang menjalani terapi pemeliharaan;

* dan paling tidak, mereka menyediakan sebuah antarmuka antara tugas meresepkan dan menjual obat-obatan dan, dengan berbuat demikian, mereka membuang konflik kepentingan yang dirasakan atau potensial antara kedua fungsi ini.

Inventarisasi kegiatan ini mengidentifikasi pengeluaran obat-obatan sebagai tanggung jawab penting dari layanan farmasi. Ini, tanpa pertanyaan, ditakdirkan untuk tetap berlaku di hampir semua setting nasional. 

Namun, keahlian khas apoteker menyediakan anggota profesi dengan latar belakang yang sesuai untuk memikul beragam tanggung jawab baik dalam administrasi publik maupun pembuatan obat dan pasokan. Kompetensi apoteker sudah terbukti dan terbukti:

* dalam arah dan administrasi layanan farmasi
* dalam peraturan dan kontrol obat
* dalam perumusan dan pengendalian kualitas produk farmasi
* dalam pemeriksaan dan penilaian fasilitas manufaktur obat
* dalam menjamin kualitas produk di seluruh rantai distribusi
* di badan pengadaan obat
* dan dalam komite formulatif nasional dan institusional.

Dalam kegiatan ini, apoteker berfungsi sebagai anggota tim multidisiplin dan bukan dalam kapasitas otonom; tetapi di negara tertentu, profesinya hanya bisa menjadi elemen sistem perawatan kesehatan yang terorganisir dengan efisien bila telah mendapatkan perwakilan di jajaran pejabat senior di pemerintahan dan industri, dan ketika pendidikan farmasi telah ditetapkan di tingkat universitas.

Suara dalam pemerintahan nasional sangat penting sejak awal, karena ini tidak hanya mempromosikan potensi profesi dan memberikan pengaruh pada kurikulum pelatihan dan standar akademis yang dipersyaratkan untuk pendaftaran - dan untuk sertifikasi staf tambahan - tetapi juga memberikan yang terbaik yang tersedia. jaminan bahwa pertimbangan kebijakan, termasuk alokasi sumber daya, akan disesuaikan dengan persyaratan nasional.

Demikian pula, apoteker memiliki fungsi yang tak terbantahkan di berbagai tingkatan dalam registrasi dan registrasi obat nasional. Tanggung jawab otoritas pengawas adalah untuk memastikan bahwa semua produk yang tunduk pada pengendaliannya sesuai dengan standar mutu, keamanan dan keefektifan yang dapat diterima.

Dan bahwa semua premis dan praktik yang digunakan untuk memproduksi, menyimpan dan mendistribusikan produk ini sesuai dengan persyaratan untuk memastikan kesesuaian produk dengan standar ini sampai saat dikirim ke pengguna akhir. 

Otoritas pengatur kecil jarang akan melakukan penilaian independen terhadap keamanan dan kemanjuran produk individual secara independen. Dalam kasus ini, tanggung jawab administratif dan teknis yang termasuk dalam ambit sebagian besar bersifat farmasi dan terutama ditujukan pada jaminan kualitas.

 Pengembangan tenaga kesehatan apotek untuk sistem perawatan kesehatan

Ini harus menjadi tujuan semua negara untuk memiliki layanan farmasi penuh dengan standar tertinggi. Dengan demikian tujuan pengembangan tenaga kerja farmasi adalah menjadikan apotek profesi lulusan. Keadaan beberapa negara belum memungkinkan tujuan ini tercapai sepenuhnya, namun, sementara itu, standar minimum yang dapat diterima harus ditetapkan, berdasarkan kurikulum tingkat universitas, namun memiliki durasi yang lebih pendek.

Pembangunan tenaga kerja untuk pelayanan kesehatan memiliki tiga komponen: perencanaan, produksi (pendidikan dan pelatihan), dan manajemen. Tujuan perencanaan adalah untuk menentukan persyaratan kualitatif dan kuantitatif untuk staf; Produksi berkaitan dengan pendidikan dari berbagai jenis staf yang dibutuhkan, sesuai dengan jumlah yang ditentukan oleh rencana; dan manajemen memanfaatkan dan memantau staf, dan memberikan umpan balik sehingga ketiga komponen tersebut dapat terus menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan sistem kesehatan.

Namun, dalam analisis terakhir, dimanapun apotek menetapkan akarnya sebagai profesi, ada di dalam institusi perawatan kesehatan dan di masyarakat itu sendiri, apoteker akan melayani dengan jumlah terbesar dan dengan dampak paling cepat pada kesejahteraan pasien. 

Pengetahuan khusus apoteker tentang pengelolaan dan sifat obat-obatan di lingkungan perawatan kesehatan yang semakin canggih membuat mereka lebih dekat untuk meresepkan dokter sebagai sumber informasi independen mengenai pilihan terapeutik dan tentang konsekuensinya - baik positif maupun negatif - pengobatan. 

Hal ini juga membawa mereka lebih dekat kepada pasien di masyarakat sebagai dispenser yang mudah diakses tidak hanya obat-obatan tetapi juga informasi terkait kesehatan. 

Pelatihan dasar mereka harus bertujuan memberi mereka kompetensi untuk menawarkan nasihat terampil mengenai pengobatan penyakit ringan dan penerapan gaya hidup sehat, dan harus memberi mereka wawasan yang diperlukan untuk mengenali kapan kepentingan terbaik pasien dilayani oleh rujukan yang cepat. kepada seorang praktisi medis.

Apotek masyarakat

Apoteker masyarakat adalah profesional kesehatan yang paling mudah diakses oleh masyarakat. Mereka menyediakan obat-obatan sesuai dengan resep atau, jika diizinkan secara hukum, menjualnya tanpa resep dokter. 

Selain memastikan persediaan produk yang sesuai, kegiatan profesional mereka juga mencakup konseling pasien pada saat pemberian obat resep dan non-resep, informasi obat kepada profesional kesehatan, pasien dan masyarakat umum, dan partisipasi dalam promosi kesehatan. program. Mereka memelihara hubungan dengan profesional kesehatan lainnya di bidang perawatan kesehatan primer.

Saat ini, semakin banyak produk baru dan analog digunakan dalam pengobatan, termasuk produk biologis berteknologi tinggi dan obat-obatan radio. Ada juga kelompok perangkat medis heterogen, yang mencakup beberapa produk yang serupa dengan obat-obatan, beberapa di antaranya menuntut pengetahuan khusus mengenai kegunaan dan risiko mereka (misalnya, dressing, produk manajemen luka, dll.).

Apoteker telah semakin melakukan tugas tambahan untuk memastikan kualitas produk yang mereka suplai.

Kegiatan utama apoteker masyarakat dijelaskan di bawah ini.

Pengolahan resep

Apoteker memverifikasi legalitas, keamanan dan kesesuaian pesanan resep, memeriksa catatan obat pasien sebelum mengeluarkan resep (bila catatan tersebut disimpan di apotek), memastikan bahwa jumlah obat dibagikan secara akurat, dan memutuskan apakah obat tersebut harus diserahkan ke pasien, dengan konseling yang tepat, oleh seorang apoteker. 

Di banyak negara, apoteker komunitas berada dalam posisi yang unik untuk sepenuhnya menyadari riwayat obat masa lalu dan sekarang pasien dan, akibatnya, dapat memberikan saran penting kepada prescriber.

Perawatan pasien atau apotek klinis

Apoteker berusaha mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi tentang riwayat obat-obatan pasien, mengklarifikasi pemahaman pasien tentang rejimen dosis dan metode pemberian yang diinginkan, dan menyarankan pasien tindakan pencegahan terkait obat-obatan, dan di beberapa negara, memantau dan mengevaluasi respons terapeutik.

Persiapan yang tidak terbatas dan pembuatan obat skala kecil

Apoteker di mana-mana terus menyiapkan obat-obatan di apotek. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyesuaikan perumusan obat dengan kebutuhan pasien individual. 

Perkembangan baru dalam sistem obat dan persalinan mungkin memperpanjang kebutuhan akan obat-obatan yang disesuaikan secara individu dan dengan demikian meningkatkan kebutuhan apoteker untuk melanjutkan perumusan farmasi. Di beberapa negara, dikembangkan dan berkembang, apoteker terlibat dalam pembuatan obat-obatan skala kecil, yang harus sesuai dengan pedoman praktikum dan distribusi yang baik.

Obat tradisional dan alternatif

Di beberapa negara, apoteker memasok obat tradisional dan mengeluarkan resep homoeopati.

Menanggapi gejala penyakit ringan

Apoteker menerima permintaan dari masyarakat umum untuk meminta saran mengenai berbagai gejala dan, jika diindikasikan, merujuk pertanyaan tersebut pada seorang praktisi medis. 

Jika gejalanya berhubungan dengan penyakit ringan yang membatasi diri sendiri, apoteker dapat memasok obat non-resep, dengan saran untuk berkonsultasi dengan praktisi medis jika gejalanya bertahan lebih dari beberapa hari. Sebagai alternatif, apoteker mungkin memberi saran tanpa memberi obat.

Menginformasikan profesional perawatan kesehatan dan masyarakat

Apoteker bias mengumpulkan dan menyimpan informasi tentang semua obat-obatan, dan khususnya obat-obatan yang baru, memberi informasi ini kepada profesional perawatan kesehatan lainnya dan kepada pasien, dan menggunakannya untuk member tahu penggunaan obat-obatan yang rasional, dengan memberikan saran dan penjelasan kepada dokter. dan kepada anggota masyarakat.

Promosi kesehatan

Apoteker dapat mengambil bagian dalam kampanye promosi kesehatan, baik lokal maupun nasional, dalam berbagai topik terkait kesehatan, dan khususnya topik terkait narkoba (misalnya penggunaan obat-obatan terlarang, penyalahgunaan alkohol, penggunaan tembakau, keputusasaan penggunaan narkoba selama kehamilan, pelarut organik, pencegahan racun) atau topik yang berkaitan dengan masalah kesehatan lainnya (penyakit diare, tuberkulosis, kusta, infeksi HIV / AIDS) dan keluarga berencana. 

Mereka juga dapat mengambil bagian dalam pendidikan kelompok masyarakat setempat dalam promosi kesehatan, dan dalam kampanye pencegahan penyakit, seperti program Expanded Program on Immunization, and malaria and blindness.

Jasa Domisili

Di sejumlah negara, apoteker memberikan nasehat serta layanan pasokan ke rumah tinggal untuk orang tua, dan pasien jangka panjang lainnya. Di beberapa negara, kebijakan sedang dikembangkan dimana apoteker akan mengunjungi beberapa kategori pasien terikat rumah untuk memberikan layanan konseling bahwa pasien akan menerimanya jika mereka dapat mengunjungi apotek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun