Mohon tunggu...
Adelia Dewanti
Adelia Dewanti Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta - 20107030068

Hallo! saya Adelia Dewanti, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan NIM 20107030068. Mohon bantuan dan dukungannya ya teman-teman semua.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Salat Tarawih di Masjid Ramlie Musofa pada Malam Pertama Ramadan

16 April 2021   00:10 Diperbarui: 16 April 2021   02:56 669 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Salat Tarawih di Masjid Ramlie Musofa pada Malam Pertama Ramadan
Masjid Ramlie Musofa (Sumber: dokpri)

Pasca penetapan resmi awal bulan Ramadhan 1442 hijriah oleh pemerintah, umat muslim langsung mendatangi Masjid Ramlie Musofa di Jakarta untuk melaksanakan ibadah shalat tarawih pertama. 

Umat muslim terlihat mulai berdatangan ke Masjid Ramlie Musofa yang terletak di Jalan Danau Sunter Raya Selatan Jakarta. Sejumlah jama’ah pun terlihat berada di lantai utama Masjid Ramlie Musofa menunggu waktu shalat isya dan yang akan dilanjutkan dengan tarawih pertama. Dalam Ramadhan tahun ini, Masjid Ramlie Musofa akan dibuka untuk umum setiap harinya demi memfasilitasi umat muslim yang ingin beribadah.

Walaupun sebagian besar langit berawan dengan hujan lebat disertai petir pada hari Senin, 12 April, ternyata tidak memadamkan suasana menjelang shalat tarawih pada bulan Ramadhan 1442 hijriah di Masjid Ramlie Musofa, Jakarta. 

Di hari pertama shalat tarawih warga terlihat cukup antusias mengunjungi Masjid Ramlie Musofa ini. Nampak beberapa jama’ah berbondong-bondong menuju pintu masuk Masjid Ramlie Musofa. 

Di tengah suasana yang penuh dengan keamanan, keselamatan, dan kepatuhan terhadap tindakan pencegahan Covid-19, shalat Tarawih tetap dilakukan di Masjid Ramlie Musofa di Jakarta pada malam pertama bulan suci Ramadhan tahun ini. 

Masjid Ramlie Musofa telah memberikan persetujuan agar shalat Tarawih diadakan dengan mengurangi raka'atnya menjadi 11 raka'at. Pengurus-pengurus Masjid Ramlie Musofa terlihat memberikan perawatan dan perhatian penuh melalui tindakan pencegahan Covid-19 untuk semua situs di masjid dan fasilitasnya. 

Mengingat situasi dan kondisi saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, pihak masjid berharap kepada jama’ah, untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan kegiatan ibadah. Imbauan tersebut guna menghindari adanya penyebaran virus Covid-19 di lingkungan Masjid.

Pada Ramadhan tahun ini, Masjid Ramlie Musofa menggelar ibadah shalat Tarawih berjama’ah. Ibadah tersebut sudah dimulai pada Senin, 12 April, malam ba'da Shalat Isya setelah Kementerian Agama menentukan hilal 1 Ramadan 1442 Hijriah. 

Pemerintah sudah mengizinkan untuk melaksanakan kembali shalat tarawih berjama’ah. Penetapan untuk kembali melaksanakan ibadah shalat tarawih berjama’ah ini diputuskan setelah pihak masjid mempertimbangkan penerapan protokol kesehatan. Jama’ah diharuskan menggunakan masker, serta pemberlakuan pembatasan jarak guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan masjid.

Desain Interior Masjid Ramlie Musofa (Sumber: dokpri)
Desain Interior Masjid Ramlie Musofa (Sumber: dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN