Mohon tunggu...
Adelard khairu
Adelard khairu Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya

masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tidak Ada Kata "Menyerah" untuk Tetap Belajar!

24 Maret 2021   19:36 Diperbarui: 24 Maret 2021   19:46 104 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tidak Ada Kata "Menyerah" untuk Tetap Belajar!
via Tirto.ID

Hadirnya Pandemi COVID-19 membuat banyak sekali perubahan dalam setiap aspek di masyarakat atau bisa kita sebut sebagai perubahan sosial. perubahan ini dirasakan dari setiap kalangan dan tidak memandang umur atau pekerjaan tertentu. Salah satu perubahan yang dapat kita rasakan setiap waktunya yaitu harusnya menjaga tubuh dan kesehatan dengan baik dengan menaati protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan selalu.

Dilansir dari kompas.com, pandemi Covid-19 ini sudah hadir di Indonesia selama setahun tepat di tanggal 2 maret 2021 kemarin dimana Presiden Jokowi pertama kali mengumumkan pada masyarakat terkait kasus pertama dimana ada dua warga Indonesia yang positif corona. Sejak setahun tersebut sudah banyak perubahan di dalam masyarakat yang sekarang menjadi suatu hal yang wajar  atau dapat diterima.

Salah satu yang sangat merasakan perubahan ini adalah siswa-siswi sekolah, baik dari yang masih di tingkatan SD hingga ke perguruan tinggi atau mahasiswa. Pembelajaran secara daring ini menuntut siswa dan guru untuk menjalankan proses belajar secara jarak jauh dan memanfaatkan teknologi yang sekarang sudah berkembang, hal ini diupayakan untuk mencegah penularan COVID-19 yang semakin banyak dan berharap untuk mengakhiri pandemi ini. 

Banyak sekali perubahan yang dialami oleh para pelajar dan guru karena yang sebelumnya proses belajar dilakukan secara tatap muka di ruang kelas sekarang karena situasi membuat mereka semua harus dapat beradaptasi dengan pembalajaran baru yang sudah ditetapkan pemerintah. Bukan hanya instansi Pendidikan saja yang merasakan susahnya dalam proses edukasi ini, tetapi para komunitas edukasi juga mengalami perubahan dalam menjalankan program-program edukasi yang sebelumnya sudah ditentukan.

Perubahan sosial yang sebelumnya dijelaskan tersebut dapat kita teliti lebih lanjut dengan Teori perubahan sosial. Sebelum melihat lebih dalam mengenai perubahan sosial dan Pembelajaran daring ini, lebih baik kita mengenal dulu dengan Teori perubahan sosial

Perubahan sosial  dapat diartikan sebagai perubahan struktur di dalam masyarakat yang meliputi perubahan pola pikir dan sikap di dalam kehidupan sosial masyarakat. Penjelasan perubahan sosial juga dapat kita lihat menurut Kingsley Davis dan Mac Iver. Menurut Kingsley Davis perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur dan fungsi masyarakat. Sedangkan menurut Mac Iver perubahan sosial yaitu perubahan dalam interaksi sosial dan keseimbangan hubungan sosial (Goa, 2017).

Dari penjelasan diatas kita sudah dapat melihat perubahan sosial di kehidupan kita sekarang selama masa pandemi ini, salah satunya perubahan struktur masyarakat dalam interaksi sosial. saat sebelum pandemi kita dapat bebas bertemu dengan seseorang secara langsung, akan tetapi sekarang interaksi sosial dibatasi dengan adanya aturan-aturan, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan kewajiban untuk tetap dirumah selama masa pandemi untuk mengurangi kasus positif COVID-19. Perubahan interaksi juga terjadi dengan anak sekolah selama masa pembelajaran secara daring ini, interaksi guru dan siswa yang bukan lagi di kelas tetapi memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran.

Perubahan ini juga dirasakan dengan komunitas-komunitas edukasi, mereka sebagai komunitas harus beradaptasi dengan situasi ini. Banyak program yang sebelumnya harus dilakukan secara langsung tidak bisa dijalankan karena tuntutan untuk tetap dapat memberikan edukasi. Salah satu komunitas yang merasakan perubahan sosial ini dan dapat beradaptasi adalah komunitas kejar mimpi yang merupakan sebuah komunitas edukasi. Komunitas ini membuat program-program edukasi yang baru seperti mengadakan webinar dan pelatihan secara online.

Semoga artikel ini dapat membantu kita untuk menyadari dan melihat lebih jauh perubahan sosial disekitar kita. Di sisi lain, perubahan sosial adalah sesuatu hal yang wajar walau terkadang perubahan ini bisa saja menjadi hal yang negatif, akan tetapi hal yang harus diingat bahwa walaupun terkadang perubahan berupa hal yang negatif kita tidak perlu merasa begitu khawatir karena situasi tersebut akan berubah secara terus menerus di dalam masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

Dewi, B. (Februari, Maret 3). Setahun Pandemi COVID-19, Apa Saja yang Telah Diungkap Ilmuwan. Kompas.com.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN