Mohon tunggu...
Ade Irma Mulyati
Ade Irma Mulyati Mohon Tunggu... Guru - SDN Pakusarakan Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat

Mau berbagi itu indah karena menabur kebahagiaan, dengan ikhlas memberi semoga menginspirasi.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Merancang Strategi Pengembangan Diri di 2023 Versiku

19 November 2022   19:23 Diperbarui: 19 November 2022   19:33 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahun 2023 sudah di depan mata. Aku tak ingin berlarut dalam sempalan kisah kegagalan di tahun 2022. Biarkan jadi masa lalu yang indah dikenang tidak untuk diulang. Semua kejadian aku jadikan pembelajaran dan bahan telaah untuk ditemukan sisi perbaikan. 

Tak perlu jadi beban karena kisahnya selalu membayang. Kegagalan di 2022 aku"anggap mantan pacar". Tak memiliki hak untuk terus menerus menjadi bahan pemikiran.  Tak memiliki ruang untuk terus mengintimidasi pikiran dan perasaan. Mari lupakan kegagalan di 2022 dengan menganggap seperti mengembalikan mantan pacar pada jodohnya. Yakinlah jodoh sejati kita ada di 2023.

Aku sekarang berhak untuk memiliki mimpi menyusun rencana untuk meraih keberhasilan di 2023. Pasti banyak jalan untuk menatanya di dua bulan ke depan sebelum dijalani. Dengan menjawab beberapa pertanyaan yang bisa mengarahkan penyusunan rencana masa depan.Pertanyaan tersebut berkenaan dengan:

  • Apa rencana yang paling memungkinkan mendobrak karir dimasa depan? Di masa ini menjadi saat krusial bagi diriku untuk mencatat puluhan rencana masa depan yang memungkinkan bisa direalisasikan. Dari seluruh rencana tersebut, kemudian dilakukan skala prioritas. Rencana mana yang paling cepat bisa direalisasikan dan paling memungkinkan karena sudah mendapat dukungan dari aset yang dimiliki maka itulah yang paling memungkinkan menjadi target pertama dari strategi pengembangan diri. Misalnya: aku ingin naik tingkat/golongan ruang dari IV/b ke IV/c. Rencana itu sudah pasti memiliki beberapa konsekuensi yang harus dijalani secara berkelanjutan dan berproses dengan berpegang pada komitmen diri. Walau sedikit demi sedikit tetapi pasti. Yakini bisa direalisasikan. Dengan keyakinan itu, akan terlihat setiap saat ada perkembangan. Setiap saat akan menunjukkan progres kemajuan. Hanya perlu diingat, jangan hanya menuliskan rencana saja tanpa realisasi kerja yang mendukung pencapaiannya.
  • Mengapa rencana masa depan itu penting dikembangkan sehingga perlu disusun strategi pencapaian? Tentu saja, hal ini berkaitan dengan kecerdikan yang aku miliki untuk mengumpulkan dan menggerakkan aset kekuatan yang dimiliki menjadi faktor pendukung sehingga mendongkrak setiap gerakan untuk pencapaian. Aset tersebut berada dalam diri dan dari luar diri. Semuanya dikondisikan untuk menjadi pendukung utama.
  • Siapa saja pihak yang dilibatkan untuk merancang rencana tersebut supaya bisa relevan dengan tujuan pengembangan karir ke depan? Nah, pada fase ini aku harus memutar otak dengan memilih pihak-pihak yang bisa digerakkan untuk mendukung visi masa depan. Berarti pihak-pihak yang ada di lingkup keluarga, rekan kerja, kenalan di komunitas, bahkan relasi-relasi yang ada dalam lingkup yang jadi visi ke depan perlu dioptimalkan.
  • Dimana saja bagian-bagian dari aset yang dimiliki bisa diberdayakan agar relevan pada tujuan yang dirancang? Aku harus menyusun gerakan yang terarah dari setiap aset. Misalnya kemampuan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilengkapi dengan pemenuhan syarat-syarat lainnya seperti: membuat laporan PTK, melaksanakan diseminasi kepada rekan sejawat dengan pelibatan ke sekolah lain, mengajukan  menjadi jurnal terakreditasi bahkan menyusun menjadi buku yang bisa diperhitungkan angka kreditnya.
  • Kapan rencana masa depan tersebut mulai dilakukan? Biasanya merencanakan mudah dilakukan, yang agak berat pada fase melaksanakan. Disinilah ujian kapasitas diri dan keberanian untuk fokus pada tujuan. Jangan sampai rancangan hanya sebatas kertas tanpa realitasnya.
  • Bagaimana strategi tersebut dilaksanakan agar mendobrak pencapaian tujuan yang sudah dirancang? Aku harus membuat langkah-langkah strategis pencapaian beserta resiko yang mungkin muncul selama perjalanan waktu mencapai tujuan keberhasilan. 

Rencana yang akan dikembangkan di masa depan sudah disusun. Berarti aku sudah punya arah terkait langkah pertama sampai langkah akhir mencapai tujuan. Andai ada kendala anggap saja seperti menjalani kisah "berjuang menemukan jodoh" Aku sudah membuat rencana dengan berniat untuk berproses menjalaninya. Hasil akhir hanya Alloh SWT yang menentukan. Aku berharap di 2023 menjadi tahun keberhasilan dan keberuntungan.

KBB, 19112022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun