Mohon tunggu...
Ade Irma Mulyati
Ade Irma Mulyati Mohon Tunggu... Guru - SDN Jaya Giri Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat

Mau berbagi itu indah karena menabur kebahagiaan, dengan ikhlas memberi semoga menginspirasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Trik Guru Agar Siswa Bahagia Belajar Membaca dari Rumah

14 Februari 2021   15:19 Diperbarui: 14 Februari 2021   15:27 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meningkatkan kemampuan membaca, pada saat belajar dari rumah, menguras energi untuk memutar strategi pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa. Hal utama yang menjadi perhatian guru adalah siswa merasa bahagia ketika belajar. Memberikan kesempatan seluas-luasnya agar siswa merasa leluasa dalam berekspresi, bebas mengemukakan pendapat atau pesan-pesan penting yang ingin disampaikan tanpa rasa terpaksa dan terbebani, karena perasaan tersebut berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa.

Guru bisa meminimalisir kondisi ketidaknyamanan siswa ketika berlatih kemampuan membaca melalui serangkaian strategi belajar dari rumah secara kombinasi. Adapun strategi pembelajaran, tersebut meliputi: 

  • penyampaian materi pelajaran dilakukan bervariasi. Kadang menggunakan video pembelajaran, menggunakan video animasi, modul, buku bacaan pendamping, baik yang dibuat sendiri atau memanfaatkan media pembelajaran yang sudah tersedia. Misalnya karena siswa kelas 1 suka nyanyian maka manfaatkan nyanyian sebagai media pembelajaran.
  • setelah penyampaian materi, lakukan tanya jawab interaktif, sebagai upaya menjalin komunikasi verbal dan non verbal secara virtual. Upayakan durasi dan jumlah pertemuan disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Hal yang terpenting adanya interaksi antara siswa dengan guru dan temannya sebagai pengobat kerinduan.
  • memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kemampuan membacanya secara bergiliran. Guru setiap hari menyusun jadwal giliran membaca siswa. Hasil membacanya dilaporkan melalui rekaman atau video. Dalam pelaksanaannya disesuaikan saja dengan kebutuhan.
  • adakalanya terdapat siswa yang belum mahir membaca, maka berikan kesepakatan dengan siswa tersebut untuk membuat jadwal tersendiri. Siswa setiap hari akan menyetorkan laporan membaca secara japri kepada gurunya.
  • jadwalkan untuk melakukan kunjungan (guru kunjung) kepada siswa yang perlu bimbingan membaca. 
  • ajak orang tua untuk mendampingi siswa ketika sedang diarahkan oleh guru. Hal ini penting untuk menyamakan cara/teknik/metode membaca permulaan yang disesuaikan dengan tingkatan kemampuan baca siswa. Diharapkan dengan adanya kesamaan dalam membimbing siswa membaca akan mempercepat proses membaca lancar.
  • buat tantangan membaca dengan mengajak siswa untuk membuat tabungan membaca. 
  • berikan penghargaan dalam bentuk reward/hadiah sebagai bentuk terima kasih atas kerja keras yang sudah mereka lakukan.

Bandung Barat, 140221

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun