Mohon tunggu...
Ade Irawan Nurwani Nasution
Ade Irawan Nurwani Nasution Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa fkm UINSU

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pamdemi Covid-19

13 Agustus 2020   19:29 Diperbarui: 13 Agustus 2020   19:33 54 5 5 Mohon Tunggu...



Dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pemko Medan, telah menerbitkan regulasi peraturan walikota No 11/2020 yaitu tentang pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dimasa pandemi Covid-19 yang sedang mewabah di seluruh dunia. Dalam pembukaan kembali sejumlah sektor menuju fase masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19, Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) melalui tahapan-tahapan yang ketat dan hati-hati. Pada Era AKB, berpergian keluar rumah atau berkunjung ditempat umum yang menjadi pusat keramaian, dapat menjadi kegiatan yang dilakukan kembali dalam melakukan aktivitas di luar rumah. Namun tetap harus melakukan protokol kesehatan, untuk pencegahan penularan Covid-19.

Penerapan AKB ini juga selaras dengan arahan dari presiden Joko Widodo, dengan kegiatan pendisiplinan dalam penerapan AKB tersebut. Tentu juga harus di imbangi dengan pengecekan dan pemantauan setiap harinya agar penerapan protokol kesehatan dalam situasi AKB bisa terus di patuhi. 

Hal itu dilakukan dengan tujuan dari pelaksanaan pengawasan yang dilakukan untuk mengevaluasi serta memeriksa prasarana protokol kesehatan di tempat umum atau tempat kegiatan aktivitas masyarakat berlangsung. Agar masyarakat atau pengunjung ataupun pekerja tetap memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada.

AKB yaitu suatu tindakan yang berperan sebagai upaya pencegahan meluasnya Covid-19. Sebagai upaya preventif (pencegahan) di masa pandemi saat ini AKB atau yg biasa di sebut New normal (kenormalan baru) yang merupakan upaya pemerintah dalam menerapkan tatanan kebiasaan-kebiasaan kehidupan baru pada masyarakat. 

Adapun beberapa kebiasaan yang harus dilakukan sesuai protokol kesehatan dan gaya hidup bersih dan sehat menghadapai era AKB saat ini, yaitu dengan memulai kebiasaan memakai masker saat berpergian keluar rumah, rajin mencuci tangan, dan senantiasa menjaga jarak / physical distancing yang harus tetap di patuhi. Selain itu makanan yang bersih dan higienis dengan gizi seimbang, serta mengkonsumsi vitamin yang di butuhkan tubuh akan akan membuat daya tahan tubuh meningkat dalam menjalani aktivitas di era AKB saat ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x