Mohon tunggu...
Dedi Mulyadi
Dedi Mulyadi Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan - Trainer Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial - Read Aloud Trainer

Seorang pustakawan yang selalu berusaha menjadi pembelajar, yang bekerja di institusi ber-plat merah di Kabupaten Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Tips agar Anak Suka Membaca Buku

5 Oktober 2021   15:44 Diperbarui: 8 Oktober 2021   03:30 733 12 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Orang tua mana yang tidak mau anaknya senang membaca buku

Pasti semua orang tua berharap anak-anaknya senang membaca buku. 

Namun, di zaman yang kita anggap canggih, teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat, keinginan agar anak menyukai buku dan senang membaca sepertinya menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan. 

Hari ini kita bisa saksikan, anak-anak balita saja sudah memiliki gadget sendiri. 

Mereka sudah akrab dengan games atau video-video yang ada di youtube. Lalu kalau sudah seperti itu, kira-kira apa yang harus kita lakukan sebagai orang tua? 

Pasrah dengan keadaan, atau berusaha mencari solusi agar anak tidak kecanduan dengan gadget? 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua, agar anak menyukai dan senang membaca buku. Hal-hal inilah yang kami lakukan di rumah kami, sehingga sampai dengan hari ini, anak kami yang berusia 5 tahun sangat suka dan senang membaca buku. 

Pertama, sediakan bahan bacaannya

Jika kita ingin anak-anak kita senang membaca buku, sediakan buku-bukunya. Buku bacaan bisa kita peroleh dengan beberapa cara, bisa membeli atau meminjam di perpustakaan. 

Biasanya anak-anak suka buku yang banyak gambarnya, atau berwarna warni. Ajak anak kita ke toko buku, supaya mereka bisa memilih sendiri buku apa yang mereka senangi. 

Sediakan bacaan yang sesuai dengan usianya, dan tempatkan buku-buku bacaan di berbagai tempat dan ruang di rumah kita, seperti di ruang keluarga, di ruang tamu dan di kamar tidur.

Kedua, bacakan bukunya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan