Mohon tunggu...
Adhen Bakri
Adhen Bakri Mohon Tunggu... Penyuka kopi

Adenyazdi.art.blog

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Rumput Ajaib Penyembuh Luka

7 Oktober 2020   20:20 Diperbarui: 13 Oktober 2020   02:40 1191 35 3 Mohon Tunggu...

Saya tak tahu nama latin rumput ini. Tapi, di daerahku orang-orang biasanya menyebutnya dengan nama Daun golkar (rumput Golkar). Entah kenapa orang-orang disini memberi namanya demikian?

Rumput golkar tumbuh di Daerah tropis. Sehingga rumput tersebut, dapat di temukan di berbagai daerah di Indonesia. Mungkin di daerah Anda pun bisa di temukan. Bisa jadi nama rumput itu berbeda, sesuai dengan penamaan dengan bahasa daerah setempat.

Pekarangan rumah, kebun, hutan, bisa di temukan. Rumput tersebut, dapat tumbuh di pasir, tanah, celah bebatuan, yang memiliki kelembaban. Mungkin dari itu, orang-orang disini menyebutnya rumput liar (dapat tumbuh dimana saja). 

Ciri-cirinya Anda bisa melihat pada gambar di atas. Berwarna hijau, pada daunnya ketika di sentuh, terasa seperti rambut halus yang menusuk permukaan kulit tangan.

Kalau diperhatikan, tak ada yang istimewa pada rumput tersebut. Tak seperti bunga janda bolong, yang Akhir-akhir ini di incar para pecinta tanaman dan juga memiliki harga yang fantastik.

Kendati terlihat tak istimewa, rumput tersebut dapat menyembuhkan luka(tapi bukan luka hati) hehe.

Pada umumnya ketika terjadi luka. Seperti luka terkena sayatan silet atau pisau, orang-orang biasanya menggunakan Hansaplast atau Betadine untuk menyembuhkan luka. 

Namun, di daerah saya, rumput tersebut di gunakan sebagai pengganti betadine untuk menyembuhkan luka. ketika terjadi luka seperti sayatan silet, atau luka akibat terkena pisau atau benda tajam lainnya. 

Digunakan daun dari rumput tersebut. Caranya sederhana, rumput itu di ambil daunnya, di tumbuk hingga halus, lalu di tempelkan pada luka. Cairan dari rumput tersebut akan meresap ke dalam daging yang terluka (terasa sedikit perih). tak berselang lama luka itu akan mengering.

Mungkin ada dari Anda yang tak percaya khasiat dari daun rumput tersebut. Saya bisa memaklumi itu, sebab belum memiliki bukti ilmiah, bahwa rumput tersebut dapat menyembuhkan luka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN