Mohon tunggu...
Ade ayu F
Ade ayu F Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi program studi Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama

Ade ayu faddilah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Aku dan Analisis SWOT

28 September 2020   21:51 Diperbarui: 28 September 2020   21:55 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Disini saya akan menulis artikel yang berjudul "AKU" , kenapa ? karena saya akan menceritakan tentang diri saya. Disini saya akan menggunakan analisis SWOT (Strength/Kekuatan, Weakness/Kekurangan, Opportunity/Peluang dan Threat/Ancaman).Pasti kalian sudah pada tahu apa itu SWOT, namun saya akan menjelaskan sedikit.

SWOT adalah salah satu analisis mengenai factor Internal dan Eksternal yang bertujuan untuk bisa mengetahui dengan mudah jika ingin mendapatkan gambaran dari suatu perusahaan.

SWOT ini bukan hanya untuk mengidentifikasi atau menganalis sebuah perusahaan saja namun bisa juga ke diri sendiri untuk mengetahui potensi pada diri sendiri.Faktor Internal itu terkait Strength/Kekuatan dan Weakness/Kekurangan sedangkan factor Eksternal itu terkait Opportunity/Peluang dan Threat/Ancaman.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Pertama saya akan menganalisis diri saya dengan Strength.Strength adalah kapabilitas yang ada pada diri sendiri dan terdapat sifat unggul yang bisa bersaing dengan lingkungan sekitar.

Saya adalah orang yang termasuk peduli dengan lingkungan di sekitar jadi jika saya melihat orang disekitar saya memerlukan bantuan, saya akan membantu tanpa mereka minta.Saya penurut apalagi jika orang yang menasehati saya itu orang yang berpendidikan atau yang bisa percaya. 

Saya mampu menahan diri jika ada masalah meskipun permasalahan itu besar.Saya adalah orang yang bisa dipercaya. Banyak orang yang mempercayai saya karena dari SD sampai sekarang saya selalu menjadi bendahara dalam suatu kegiatan dan tidak pernah bermasalah.

Kalau membahas masalah pendidikan saya sangat tertarik dalam pelajaran bahasa inggris, apapun pelajarannya kalau itu berbahasa inggris saya pasti ingin mengikutinya. 

Jika saya lagi berada di dalam kelas, saya akan focus dalam pelajaran tersebut dan jika ada sesuatu yang tidak paham dan saya penasaran akan pelajaran tersebut, saya akan mencari tahu tentang pelajaran tersebut.

Kedua saya akan menganalisisnya dari Weakness yang merupakan kelemahan yang terdapat dalam diri seseorang.Saya memiliki banyak kelemahan salah satu kelemahan yang saya tidak bisa ubah dari dulu sampai sekarang adalah tidak dapat berbicara di depan umum.

Saya sangat kesal sama ketidakpercayaan diri saya itu karena sifat percaya itu sangat penting bagi seseorang sedangkan saya tidak memilikinya, saya sangat ingin memperbaiki kelemahan tersebut.Kelemahan saya yang lain adalah saya orang yang sering merasa minder, saya selalu berfikir bahwa orang yang berada disekitar saya lebih baik dari pada saya.saya juga orang yang sangat bawa perasaan.

Jika saya sudah melakukan sesuatu yang salah menurut saya, saya akan memikirkan kesalahan itu apalagi jika terkait dengan orang lain.Contohnya saya pernah menasehati teman saya, namun menurut saya,nasehat itu melukai perasaan dia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun