Mohon tunggu...
ade anita
ade anita Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, blogger

ibu rumah tangga yang suka menulis dan berkebun serta menonton drama silat china.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Manfaat Kopi

17 Maret 2022   16:06 Diperbarui: 17 Maret 2022   16:10 327
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selamat Hari Kopi Nasional buat kalian yang menjadi pecandu kopi, juga bagi kalian yang menjadi pedagang kopi, atau pernah membeli kopi.

Seperti aku.

Aku bukan pecandu kopi, Meski Tahu Kopi Banyak Manfaatnya

Manfaat Kopi

1. Sebagai penahan rasa kantuk.

Jujurly, aku bukan seorang pecandu kopi.

Kadar rasa sukaku pada kopi mungkin bisa dikatakan masih dalam taraf pemula. Berapa kali aku minum kopi dalam setahun bisa dihitung dengan 10 jari.

Sebagai orang yang lahir dan besar di keluarga besar pecandu kopi, aku malah amat jarang minum kopi. Ketika kecil, aku lebih suka dengan susu. Suka pakai banget. Aku dulu minum susu lebih banyak daripada aku minum air putih. 

Sampai-sampai, ibu menyembunyikan kaleng susu di atas lemari agar aku tidak terus-menerus minum susu. Itu ketika aku masih duduk di bangku Sekolah Dasar.  Setelah duduk di bangku SMA-lah perkenalanku pertama kali dengan secangkir kopi.

Waktu itu, aku ikut serta acara menyambut tahun baru dengan teman-temanku. Nah, malam harinya, kami memutuskan untuk begadang saja. Main kartu, bernyanyi atau apalah terserah yang penting jangan tidur.  

Sambil bakar jagung di depan api unggun. Lewat tengah malam, setelah terompet tahun baru sudah lama lapuk karena basah oleh liur mereka yang meniupnya berkali-kali, rasa kantuk mulai menyerang.

Seorang teman lalu menawarkan secangkir kopi. Katanya bisa mengusir rasa kantuk. Waktu itu, sebelumnya aku sama sekali tidak pernah minum kopi setetespun (yang aku ingat ya; karena waktu bayi kan tidak ingat pernah apa tidak). Karena belum pernah minum kopi, otomatis belum pernah juga membuat kopi. Jadi, oleh temanku itu, aku pun dibuatkan secangkir kopi.

"Minum ini, De. Dijamin elo bakal melek sampai pagi." Melek itu bahasa betawi yang artinya, mata terbuka terus pertanda pemiliknya tidak bisa tidur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun