Mohon tunggu...
ADE SURIYANIE
ADE SURIYANIE Mohon Tunggu... Guru - Guru

Senang belajar tentang kepenulisan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Momentum dan Kesempatan

16 November 2022   22:56 Diperbarui: 16 November 2022   23:10 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penunjuk waktu baru menunjukkan pukul 05.30 WIB dan nampak kilauan cahaya dari gawai menandakan adanya kehidupan berupa notifikasi. Kebiasaan di pagi hari gawai akan diistirahatkan hingga jelang keberangkatan menuju tempat beraktivitas, barulah gawai akan diaktifkan lagi. Terkadang memang gawai akan beristirahat tak mengenal waktu jika sedang dalam kondisi tertentu. 

Sebuah notifikasi memberitahukan pelaksanaan Bimtek dan meminta kesediaan untuk menjadi peserta. Bimtek kali ini berada di luar kota dan mewajibkan peserta untuk menginap selama pelaksanaan kegiatan. Pada akhirnya surat tugas pun dikirim melalui file pdf dari Dinas Kabupaten keesokan paginya. 

Persiapan pun dimulai sejak info itu diterima dan pada akhirnya aku sampai di lokasi acara jam 13 an karena harus mengkondisikan segala sesuatunya di pagi hari. Kesempatan mewakili kabupaten sebagai peserta utusan tidak aku tolak dengan alasan memanfaatkan momentum.

Di meja registrasi aku pun mulai mengisi biodata dan sekaligus check in kamar selama pelaksanaan Bimtek. Ternyata teman sekamarku sudah lebih dahulu sampai karena hotel tempat pelaksanaan Bimtek masih dalam wilayah domisili beliau. Panitia memberikan nomor kontak teman sekamar ku yang juga sudah memegang kunci kamar. Pada akhirnya kami pun berkenalan dan beramah tamah sejenak sebelum acara Bimtek dimulai.

Pukul 16 an peserta memasuki ruang pertemuan dan  akan dilaksanakan pembukaan Bimtek secara virtual oleh Bunda PAUD Jabar. Panitia mengkondisikan peserta sebelum Bunda PAUD Jabar memasuki ruangan untuk membuka acara.

Terlihat pada layar monitor beberapa peserta dari beberapa POKJA masing-masing kabupaten yang ada pada wilayah Dinas Pendidikan Jabar. Terutama Dinas kabupaten Tasikmalaya, Sumedang, dan beberapa wilayah lainnya yang menyaksikan siaran langsung dari tempat kami berada. 

Bunda PAUD Jabar menyapa mereka melalui 3 layar monitor yang terpasang di dalam ruangan sebelum acara peresmian Bimtek dimulai. Momentum berjumpa dengan Bunda PAUD Jabar adalah sebuah kesempatan berharga dan menjadi anugerah bagi ku. 

Teman sekamar adalah seorang yang ramah dan berkharisma. Meskipun aku baru mengenal sosok beliau dalam hitungan jam, dan benar adanya beliau adalah Petinggi PAUD dimana lokasi Bimtek dilaksanakan. Sebagai tuan rumah pemegang wilayah, beliau ikutan menginap bersama peserta lainnya dan satu kamar dengan ku. 

Di kesempatan interval waktu Bimtek kami pun bertukar info tentang kegiatan PAUD di wilayah masing-masing. Selesai acara peresmian Bimtek yang dibuka oleh bunda PAUD Jabar acara terjeda sejenak karena Bunda PAUD akan melanjutkan tugas lainnya. Acara virtual pun terhenti siarannya dan tak lagi nampak para peserta Bimtek yang sedang melaksanakan acara serupa dari wilayah masing-masing POKJA.

Materi pertama dimulai, tetapi sebuah pantun dari Bunda PAUD Jabar saat membuka acara tadi masih terngiang di telinga. Begini bunyi pantunnya :

Ketemu dia saat meeting

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun