Ade Suryaman
Ade Suryaman Forester

SKMA 2001 UP // Teknisi Litkayasa pada Balai Penelitian dan Pengembangan LHK Makassar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pelatihan Pembuatan Vlog di Balai Litbang LHK Makassar

9 Agustus 2018   11:47 Diperbarui: 10 Agustus 2018   18:24 271 1 0
Pelatihan Pembuatan Vlog di Balai Litbang LHK Makassar
Pelatihan Pembuatan Vlog oleh Kang Bugi (Foto : Dokumen Pribadi)

Vlog atau singkatan dari video blog sekarang telah menjadi trend dijaman yang serba digital ini dan sedang gencar dibicarakan baik di media sosial maupun di televisi. Akan tetapi, bagi sebagian kalangan, istilah ini dirasa cukup asing dan masih ada masyarakat yang mempertanyakannya apa sih arti dan kegunaan dari vlog ini.

Vlog merupakan sebuah video yang mempunyai tema tertentu yang dikemas dalam konsep dokumentasi jurnalistik dan dimuat dalam sebuah website. Biasanya vlog berisi tentang ketertarikan terhadap sesuatu, kegiatan yang terjadi disekitar kita, opini maupun pikiran yang hampir mirip dengan tayangan yang sering disiarkan di televisi, walaupun dalam proses pembuatan vlog ini tidak serumit pembuatan tayangan siaran televisi.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya manusia khususnya dalam penyebarluasan informasi kegiatan penelitian melalui video, maka berdasarkan surat undangan Nomor 352/BP2LHKMS/4/Dif/7/ 2018, tanggal 30 Juli 2018 Balai Litbang LHK Makassar mengajak kepada para Peneliti, Teknisi, Kepala Seksi dan Kasubag TU beserta perwakilan staf nya untuk mengikuti Pelatihan Pembuatan Video Blog (Vlog) berbasis HP di Ruang Rapat BP2LHK Makassar.

Pelatihan pembuatan vlog ini dibimbing oleh Kang Bugi Kabul Sumirat, sebagai salah satu pegawai BP2LHK Makassar yang sudah ahli dan terbiasa  dalam pembuatan vlog ini. 

Kegiatan awal yaitu seluruh peserta disarankan untuk mendownload aplikasi Quik, Snapseed dan Legenda di Play Store pada masing-masing HP peserta untuk mempermudah proses pelatihan pembuatan vlog ini. Para peserta pelatihan vlog ini sangat antusias dan bersemangat, karena proses pembuatan vlog ini ternyata sangat mudah dan menyenangkan, jauh dari bayangan dulu bahwa pembuatan vlog sangat rumit dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membuat vlog ini.

Suasana Pelatihan Pembuatan Vlog di BP2LHK Makassar (Foto : Dokumen Pribadi)
Suasana Pelatihan Pembuatan Vlog di BP2LHK Makassar (Foto : Dokumen Pribadi)
Hal pertama dalam pembuatan vlog ini yaitu menentukan tema video yang menarik, unik dan merupakan esensi dari seluruh rangkaian kegiatan yang akan ditayangkan, karena inilah titik awal dalam alur sebuah kisah atau kegiatan, sehingga masyarakat bisa menikmati dengan baik hasil vlog yang telah kita buat.

Aplikasi Snapseed digunakan untuk mengedit foto layaknya foto profesional dengan berbagai efek sehingga sangat baik digunakan untuk mengedit foto menjadi lebih bagus dan terlihat indah. Sedangkan aplikasi Legenda digunakan untuk membuat video kata yang singkat, sehingga hasil vlog menjadi lebih bervariasi dan menarik. Untuk menggabungkan semua itu, mengunakan aplikasi Quik dalam pengeditan dan pembuatan vlog nya.

Suasana Pelatihan Pembuatan Vlog di BP2LHK Makassar (Foto : Dokumen Pribadi)
Suasana Pelatihan Pembuatan Vlog di BP2LHK Makassar (Foto : Dokumen Pribadi)
Dalam pelatihan ini, masing-masing peserta mengambil video sebagai bahan dasar pembuatan video, kemudian dilanjutkan dengan proses editing video sehingga menghasilkan video yang baik dan menarik sesuai storyboard yang telah disusun dengan menggunakan aplikasi Quik

Setelah dirasa bagus dan menarik, akhirnya masuk ke tahap terakhir, yaitu mempublish video ke youtube dengan judul video yang unik dan menarik sesuai dengan video yang dipublish. Selamat telah menjadi youtubers baru, ungkap kang Bugi di akhir kegiatan pelatihan.


Salam Hangat

(Ade Suryaman)