Mohon tunggu...
Mediaaddawaa
Mediaaddawaa Mohon Tunggu... Dokter - Official Account Addawaa Indonesia

melahirkan generasi sehat penjaga kesehatan ulama dan umat

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Sunnah Memotong Kuku, Anjuran dan Manfaatnya

2 Oktober 2022   07:29 Diperbarui: 2 Oktober 2022   07:32 129 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anjuran memotong kuku (sumber: pexels)


Sunnah, sahabat pasti tidak asing dengan kata-kata tersebut tapi apakah sahabat mengerti apa yang dimaksut sunnah?. Sunnah menurut bahasa diartikan sabagai jalan yang dijalani, baik terpuji atau tidak.

Sunnah menurut istilah juga berarti praktek yang diikuti, baik berupa arah, model perilaku, bentuk perilaku atau tindakan, perilaku yang berdasarkan pada ketentuan dan peraturannya, serta dapat juga diartikan sebagai teladan baik atau teladan buruk.

Dan kita sebagai ummat Islam memiliki tauladan yang mesti kita contoh dan kita teladani adalah Nabi Muhammad Shallaalhu Alaihi wasalam, beliau mencontohkan semua aspek kehidupan dari bangun tidur sampai tidur kembali. Salah satu sunnah yang dicontohkan adalah memotong kuku, memotong kuku menjadi prilaku sehat yang patut untuk kita contoh secara rutin.

Dikutip Jurnal Endurance, beberapa kebiasaan yang dapat mempengaruhi kesehatan antara lain kebersihan tangan dan kuku jari, salah satunya dengan membiasakan mencuci tangan sebelum makan.

Sunnah potong kuku (sumber:pexels)
Sunnah potong kuku (sumber:pexels)

Meski terlihat sepele, terdapat keberkahan dalam memotong kuku, termasuk kapan hari yang baik dalam memotong kuku.

Rasulullah Shallaalhu Alaihi wassalaam bersabda:

"Sunnah fitrah ada lima khitan, mencukur bulu kemaluan, mencukur bulu ketiak, memendekkan kumis, dan memotong kuku (HR.Bukhari dan Muslim).

"Memotong kuku yang panjang pada hari Jumat adalah sunnah bagi yang sedang tidak ihram. Begitu pula hari Kamis dan Senin," tulis buku Fikih Empat Madzhab Jilid 3 oleh Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi.

Setiap hari Jum'at atau sepekan sekali dianjurkan untuk memotong kuku agar tidak terlalu panjang dan menjadi sumbar penyakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan