Mohon tunggu...
Adara Kirana
Adara Kirana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa KKN UNDIP 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Cegah PMK Pada Hewan Kurban Bersama Tim KKN Undip!

13 Agustus 2022   13:30 Diperbarui: 13 Agustus 2022   14:31 36 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada kegiatan kkn undip 2022 kali ini bertepatan dengan idul adha tentunya hewan qurban yang dipotong harus terbebas dari penyakit. Penyakit yang sedang ramai pada saat ini yaitu PMK (penyakit mulut dan kuku). PMK sendiri merupakan penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan  menular. Hewan yang terkena PMK dapat mengalami panas tinggi serta lemah, lesu, dan nafsu makan mengalami penurunan.

Dokpri
Dokpri

Tentunya regulasi yang berlaku hewan qurban yang ingin diberangkatkan dari tempat asal menuju ke tempat customer harus memiliki surat kesehatan hewan yang menyatakan bebas penyakit. Selain itu kelayakan tempat dan alat pada saat pemotongan sampai pendistribusian daging juga harus diperhatikan agar daging tidak terkontaminasi.  

Program ini berjalan dengan baik, di mana tidak dijumpai hewan yang terkena PMK, semua kondisi hewan sehat dan proses pemotongan kurban serta pendistribusian daging pun juga berjalan dengan lancar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan