Mohon tunggu...
Adara Kirana
Adara Kirana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa KKN UNDIP 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penyuluhan Kesehatan Lansia di Tanjung Duren Selatan

11 Agustus 2022   08:54 Diperbarui: 11 Agustus 2022   08:56 64 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sesuai latar belakang tingginya angka populasi lansia di Indonesia termasuk di wilayah KKN serta sejalan dengan salah satu tema yang diusung oleh KKN Tim II Undip 2021/2022 mengenai SDGs, khususnya poin 3 mengenai Kehidupan Sehat dan Sejahtera, akan dilakukan program skrining kesehatan lansia bersama Posbindu serta promosi program "Lansia Sehat".

dok. pribadi
dok. pribadi
Skrining kesehatan yang dilakukan di Posbindu meliputi wawancara faktor risiko penyakit, pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah, gua darah, lemak darah, edukasi kesehatan, dan seterusnya. Program ini akan bekerja sama dengan posbindu untuk melaksanakan hal-hal tersebut. Selain itu, juga akan dilakukan promosi kesehatan melalui leaflet "Lansia Sehat" yang berisi cara-cara untuk tetap menjaga kesehatan di usia lanjut, seperti anjuran makanan bergizi yang sesuai untuk lansia, olahraga/aktivitas fisik yang dapat dilakukan, serta bagaimana caranya mendeteksi dini munculnya berbagai penyakit pada lansia. Leaflet akan dibagikan melalui Posbindu maupun melalui media sosial dalam bentuk infografis. Program ini merupakan kerja sama antara perangkat kelurahan, RW, mahasiswa, dan kelompok masyarakat.

dok. pribadi
dok. pribadi

Program Posbindu merupakan program rutin yang dilakukan oleh RW dan Kelurahan dan mendapat antusiasme yang cukup baik dari masyarakat, ditunjukkan dengan cukup banyaknya peserta yang datang, yaitu sekitar 40-50 warga. Program penyuluhan dan pembagian leaflet juga berjalan dengan lancar. Di luar Posbindu, leaflet juga dibagikan secara door to door, dan mendapat minat masyarakat, ditunjukkan dengan adanya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh lansia yang menerima leaflet terkait kesehatan mereka maupun materi di dalam leaflet untuk dipahami lebih lanjut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan