Adam sufi Ibrahim Rangkuti
Adam sufi Ibrahim Rangkuti

Duduk di bangku SMP Islam Al-Hikmah Jakarta. Lahir di Medan. writer . pengamat ,pemikir.programmer 100% love indonesia

Selanjutnya

Tutup

Tekno

"Phising", Kejahatan Apa itu?

4 Desember 2017   14:00 Diperbarui: 4 Desember 2017   14:30 379 0 0

Phising atau Fhising? Fhising memiliki arti "memancing" biasa digunakan untuk kalimat memancing ikan, "phising" yang berasal dari kata Fhising ini juga memiliki arti yang sama yaitu "memancing" bedanya, jika fhising adalah memancing ikan kalau phising adalah memancing pengguna komputer untuk memberikan hal yang bersifat pribadi atau rahasia. 

Phising adalah memancing pengguna komputer agar mau memberikan User Name dan password digunakan oleh para HACKER.

Biasanya phising dilakukan dengan cara mengirimkan tautan (link) kepada pengguna lewat E-mail disertai dengan kata-kata bujukan sehingga pengguna mau mengklik tautan tersebut.
Setelah tautan diklik maka pengguna akan diarahkan ke situs web yang menanyakan user name dan password yang sebelumnya sudah disiapkan oleh sang hacker, situs web yang disiapkan ini sangat mirip atau sama persis seperti situs web login aslinya, misalnya facebook. ini disebut FAKE LOGIN (login boongan)
Pengguna awam,mengira bahwa itu adalah situs web facebook yang asli,dan akhirnya memasukkan username dan passwordnya. Akan tetapi setelah memasukkan username dan passwordnya ke situs peribadi ini. Tidak diarahkan ke kronologi facebook seperti facebook asli pada umumnya, malah situs ini hanya diam di satu laman dan kelihatan seperti sedang loading PADAHAL. Situs web sedang mengirimkan informasi yang diterima dari pengguna seperti user name dan pasword ini ke pelaku, yaitu HACKER

Tidak selalu usaha phising dilakukan lewat email, kadang juga lewat sms. Atau iklan di internet. Maksudnya,ketika kamu mengklik iklan diinternet itu maka kamu diantarkan ke situs web yang disiapkan pelaku.

Setelah pelaku mendapatkan user name,email dan password korban.maka akun korban akan digunakan untuk hal yang tidak baik.

Bagaimana sih cara mencegah atau menghindari diri dari upaya phising?. Berikut ini penulis yaitu Adam Sufi Ibrahim Rangkuti. Akan memberi tahu beberapa tips untuk menghindari upaya phising:

1.Perhatikan tautan yang kamu kunjungin. Apakah situs web yang kamu kunjungin itu asli atau bukan. Semisal adress facebook yang asli adalah : https://www.facebook.com. apabila kamu mengunjungin laman facebook yang berbeda maka itu adalah situs web palsu! Misalnya : fblogginsekarang.blogspot.co.id

2.Kenali tanda giveaway yang ada dalam email phising:
- Jika hal itu tidak ditujukan secara personal kepada anda.
- Jika anda bukan satu-satunya penerima email.
-Jika terdapat kesalahan ejaan, tata bahasa atau sintaks yang buruk atau kekakuan lainnya dalam penggunaan bahasa. Biasanya ini dilakukan penyebar phising untuk mencegah filtering atau penyaringan.

3.Menginstall anti fake login seperti : Phistank siteChecker, FirePhish, TrustBar, SpooftStick dan lain lainya

Apakah anda penasaran bagaimana sih wujud situs web phising/fake login ini? Jika kamu mau melihatnya silahkan KLIK DISINI . Ini hanya untuk sebagai contoh.jangan memberi data anda kesitu ya..! Lagipula,tautan yg saya berikan tidak akan menerima data peribadi anda alias AMAN! Cuma sebagai contoh saja...

Sekian dari saya Adam sufi Ibrahim Rangkuti, trimakasih telah membaca,semoga bermanfaat dan jangan lupa follow instagram @adamsir55