Mohon tunggu...
Adam Perdana
Adam Perdana Mohon Tunggu... lainnya -

Saya menulis, maka saya Eksis. www.facebook.com/AdamPerdana007

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

MelOn, Tempat Streaming dan Download Musik Anak Negeri

8 April 2016   20:42 Diperbarui: 8 April 2016   20:49 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya percaya, musik di tahun 90-an 'terdengar' lebih indah. Bagi yang besar di era itu, mendengar musik dari tape yang memutar pita-pita kaset adalah sebuah pengalaman yang penuh kenikmatan. Masyarakat di kala itu lumrah dan mudah membeli kaset asli. Para musisi, produser, pemilik toko kaset, dan semua yang terlibat dalam industri ini bolehlah berbangga mengenangnya.

Memasuki tahun 2000-an, perkembangan format penyimpanan mulai merubah industri musik. Dari kaset, menjadi CD, kemudian mp3. Kemudian ditambah perkembangan internet dan komputerisasi. Industri musik telah direvolusi! Semua seakan bisa mendapatkan lagu cuma-cuma. Buka Google, ketik judul lagunya, ketemu situs downloadnya, KLIK! Lagu-lagu seakan tak ada harga.... Lihat musisi dalam negeri sekarang, manggung sana-sini ke pelosok negeri. Syukurlah mereka masih mau bernyanyi, walau mungkin sakit di dalam hati. Lihat pula bagaimana CD bajakan dijual murah di jalanan. Menyedihkan!

Bagaimanapun, perubahan adalah keniscayaan, yang beradaptasi akan bertahan. Namun, adakah harapan bagi musisi dan penikmat musik sejati?
Mungkin Anda sudah dengar baru-baru ini, sebuah penyedia layanan streaming musik jauh-jauh datang dari luar negeri. Tapi sadarkah Anda, sudah ada penyedia streaming dan download musik dalam negeri ini? Yang didukung sebuah operator telekomunikasi besar dalam negeri, MelOn.co.id !!!

Apa itu MelOn? MelOn adalah produk dari PT MelOn Indonesia, yang merupakan salah satu anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang musik guna mengkampanyekan anti musik bajakan dan mendukung karya musik baik dalam maupun luar negeri.

Pada artikel ini saya akan tunjukkan bagaimana mencoba MelOn di PC. Buka laman web-nya yang beralamat di: www.melon.co.id. Jika Anda pengguna baru, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah mengisi data-data yang diperlukan, Anda akan dituntun menuju halaman pembayaran. Cukup dengan 3.000 rupiah, yang dipotong dari pulsa (Telkomsel) Anda sudah bisa mencoba download dan streaming di MelOn. Berikut keterangan yang saya ambil dari http://www.melon.co.id/id/indihome/faq

BAGAIMANA MEN-DOWNLOAD MELON PLAYER
Pelanggan dapat langsung men-download MelOn Player dari WEB Melon, klik download MelOn Player lalu install MelOn Player nya ke dalam PC anda. Dengan demikian anda dapat mengatur lagu yang sudah di miliki.

BAGAIMANA CARA MEMUTAR LAGU DI WEB MELON
Anda bisa atau tidak nya memutar lagu di WEB site MelOn tergantung dari jenis layanan yang anda pilih. Apabila anda berlangganan paket yang terdapat didalamnya untuk Song Streaming, maka anda dapat mendengarkan lagu di WEB kami. Jika anda tidak berlangganan Song Streaming, maka semua lagu yang ada di WEB kami hanya untuk sebagai pre-listen saja.

APA YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEN-INSTALL MELON PLAYER DI PC
Untuk menggunakan MelOn Player dengan baik, kami menyediakan Melon Player yang optimal di Windows 2000 / XP dan diatasnya. Spesifikasi minimum untuk PC, CPU harus diatas Pentium III 800MHz. Kami menyarankan untuk menggunakan MelOn Player di atas spesifikasi minimum jika player tidak berfungsi dengan baik.

BAGAIMANA CARA MENDOWNLOAD LAGU DENGAN MELON PLAYER
a.Buka aplikasi MelOn Player kemudian sambungkan Handphone anda dengan PC melalui kabel data, lalu aplikasi akan mendeteksi tipe Handphone Anda
b.Pilih metode berlangganan yang diinginkan (Subscription atau Ala Carte)
c.Pilih lagu yang diinginkan lalu klik Download
d.Lagu yang didownload akan masuk ke dalam 1 folder yang sama (misalnya : My Music)

 

BAGAIMANA MEMAINKAN LAGU PADA MELON PLAYER
a.Buka folder dimana ada menyimpan lagu anda (mis: My Music)
b.Pilih lagu yang ingin di putar
c.Pindahkan ke dalam folder "Playlist" lalu klik Play

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun