Mohon tunggu...
Adam Fachreza
Adam Fachreza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa UNDIP Ajari Cara Mempertahankan UMKM dari Gulung Tikar di UMKM Bintara

29 Juli 2021   18:00 Diperbarui: 29 Juli 2021   18:17 66 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UNDIP Ajari Cara Mempertahankan UMKM dari Gulung Tikar di UMKM Bintara
Dokumen pribadi

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Bintara (20/7/2021). Salah satu mahasiswa KKN II Undip 2021 melaksanakan edukasi rekomendasi pertahanan dan pengembangan UMKM di tengah pandemi COVID--19. Program ini dilaksanakan di lingkungan Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi oleh Mahasiswa Teknik Industri Undip 2018, Adam Fachreza. 

Program ini berjudul "Tumbuh Kembang UMKM saat Pandemi". Program ini dilakukan karena terdapat kenaikan jumlah pengangguran dan jumlah bangkrutnya UMKM yang signifikan pada masa pandemi. Proses edukasi dilakukan terhadap satu persatu pegawai dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Pelaksanaan program ini dilakukan dengan membuat media pembelajaran berupa PPT (Powerpoint) yang kemudian dijelaskan kepada pegawai -- pegawai UMKM, salah satunya pegawai bengkel Surya Motor, dan selanjutnya dilakukan pemberian bantuan sembako. PPT berisi tentang rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan untuk mempertahankan dan mengembangkan UMKM saat pandemi. 

PPT terdiri dari latar belakang, permasalahan, rekomendasi, contoh, serta kesimpulan. Program ini bertujuan untuk menjelaskan pada pihak UMKM agar dapat bertahan bahkan mengembangkan usahanya di saat pandemi, seperti online shop, perubahan proses bisnis, digitalisasi, dan sebagainya.

Pengurus UMKM Surya Motor menyambut positif program ini. Salah satu pegawai UMKM, Mekanik Mobil UMKM Surya Motor, Pak Hudi mengatakan "Program ini sangat bagus untuk usaha perbengkelan, semoga dengan program ini ke depannya usaha semakin maju". Selain itu, Mekanik Mobil UMKM Surya Motor, Pak Ade mengatakan "Sejauh ini sih programnya bagus, semoga ke depannya lebih baik lagi, biar tambah semangat dan dapat hasil yang lebih baik lagi".

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN