Mohon tunggu...
Adam Chesar Gunawan
Adam Chesar Gunawan Mohon Tunggu... Konsultan - Mahasiswa

English Literature student at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang who taking Journalism profession as the focus course.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perpisahan KKM-DR UIN Maliki Malang Pokja "Nawasena" dengan TPQ Baitul Ilmi dan PKK "Pandanwangi"

26 Januari 2022   22:05 Diperbarui: 26 Januari 2022   22:12 60 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
[Dokumentasi Pribadi] Suasana saat kegiatan Istighosah berlangsung

Kuliah Kerja Mengabdi - Dari Rumah (KKM-DR) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Pokja "Nawasena" lakukan istighosah sebagai acara penutupan pengabdian mereka dengan TPQ Baitul Ilmi dan PKK Dasawisma "Pandanwangi" pada Rabu (26/1/2022).

Kegiatan ini awal mulanya hanya istighosah bersama santri TPQ terkait, namun jika diingat lagi bahwa ibu-ibu PKK tersebut juga merupakan wali santri. Dirasa dapat disatupadukan, maka kegiatan kali ini terasa istimewa dan lebih hangat. Total hadirin yang datang ada sekitar 50 orang yang semuanya tetap mematuhi protokol kesehatan.

Seperti biasanya, kegiatan ini diawali dengan sambutan-sambutan. Pertama diawali oleh Suryanto selaku ketua TPQ Baitul Ilmi yang mana intinya berterimakasih atas bantuannya selama ini mengajar di TPQ. Ia juga berpesan kepada rekan-rekan KKM-DR ini, "Carilah ridho orang tua dan ridho guru, agar dapat ilmu yang bermanfaat" ujar Suryanto dengan suara bergetar ketika memberikan sambutan perpisahan. 

[Dokumentasi Pribadi] Pokja
[Dokumentasi Pribadi] Pokja "Nawasena" saat berfoto bersama dengan PKK Dasawisma "Pandanwangi"

Dengan bergabungnya target dari divisi moderasi beragama dan divisi ekonomi untuk melangsungkan acara perpisahan bersama ini, suasana yang terjadi sangat haru. Pasalnya, ibu-ibu PKK yang sudah menjalin kerjasama dengan rekan-rekan KKM-DR ini merasa hubungannya dengan mahasiswa-mahasiswi ini selayaknya ibu kandung terhadap anaknya. 

Itu terbukti saat pemberian sambutan Lina selaku ketua PKK, "Terimakasih ya, telah membantu kegiatan dan program dasawisma selama ini, udah gitu aja, gabisa ngomong lagi." ujarnya saat tak kuasa menahan air mata.

Pada kesempatan kali ini, Pokja "Nawasena" juga sekaligus memberikan cinderamata perpisahan. Untuk TPQ Baitul Ilmi, mereka memberikan pigura berisi logo terbaru untuk TPQ, satu set Al-Qur'an khataman, print out banner dengan desain terbaru, juga jajanan untuk seluruh santri. Sedangkan untuk ibu-ibu PKK, mereka memberikan peralatan penunjang kegiatan dasawisma dan totebag custom spesial.

Dengan dilakukannya istoghosah ini, harapannya dapat berkah dan barokah kegiatan pengabdian yang telah berlangsung selama ini, baik yang dilakukan kepada TPQ Baitul Ilmi maupun PKK "Pandanwangi. Juga semoga ukhuwah islamiyah selalu terjaga antar umat muslim di daerah sekitar terkait. 

[Dokumentasi Pribadi] Pokja
[Dokumentasi Pribadi] Pokja "Nawasena" saat berfoto bersama dengan santri dan ustaz TPQ Baitul Ilmi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan