Mohon tunggu...
Edukasi Pilihan

Meningkatkan Peforma dengan GKF (Gerak, Kata, Fokus)

12 Februari 2019   10:27 Diperbarui: 12 Februari 2019   11:14 0 0 0 Mohon Tunggu...
Meningkatkan Peforma dengan GKF (Gerak, Kata, Fokus)
adam-joyo-pranoto-infobank-award-5c623c8043322f1dc8675db4.png

Peforma kita bisa kita tingkatkan dengan cara melakukan GKF, apa itu GKF? GKF adalah Gerak, Kata, dan Fokus. Bagaimana GKF dapat mempengaruhi peforma kita? Mari kita bahas bersama. 

Gerak 
Dalam buku Psychology Applied yang ditulis oleh George W Crane dikatakan bahwa gerakan adalah pendahulu emosi. Anda dapat mengendalikan emosi secara langsung dengan gerakan dan tindakan. Maka dengan mengubah gerakan fisik kita, yang terjadi emosi kita ikut berubah. 

Dalam kesempatan lain dikatakan pula oleh Anthony Robbin bahwa Emotion is Created by Motion, ini sebabnya dalam beberapa seminar kita diminta untuk melakukan gerakan-gerakan yang dapat menimbulkan emosi dan semangat. Contohnya dan bisa kita praktikkan: kita tersenyum maka yang terjadi perasaan kita menjadi nyaman. Saat kita berjalan cepat apa yang dirasakan oleh kita? Yaitu semangat, enerjik. 

Kata
Apa yang kita ucapkan dalam bentuk kata kemudian menjadi kalimat dapat mengubah tindakan kita. Tindakan dapat mengubah kebiasaan. Dan kebiasaan dapat mengubah nasib kita. Perhatikan orang yang sukses dan pemimpin yang berpengaruh, mereka dapat mengubah peradaban dengan kata-katanya! Mulai sekarang ubah kata-kata yang kita ucapkan dengan yang lebih baik. Lakukan afirmasi positif. Apa yang kita katakan akan mengubah tindakan. Lakukan afirmasi dengan keinginan yang spesifik, positif, dan present tense

Fokus
Saat kita fokus maka kondisi kita akan sangat powerful. Apa yang kita fokuskan bisa jadi kenyataan. Hal ini seperti hukum tarik menarik atau law of attraction (LOA). Bila kita fokus dengan membayangkan sebuah musibah apa yang terjadi? Bisa jadi kita akan menjumpai kesialan-kesialan. Bila kita fokus pada peluang, maka kita akan menjumpai kesempatan dan ide. Coba lakukan visualisasi untuk menciptakan fokus. Visualisasi adalah usaha seseorang untuk menggambarkan dalam pikirannya apa yang dia ingginkan. Lakukan visualisasi untuk mengendalikan fikiran fokus pada sesuatu yang diinginkan misalnya keadaan sehat, perasaan bahagia, rumah, kendaraan, jabatan, kesehatan, hubungan, dan lain-lain. Sebagaimana yang disampaikan dalam hukum LOA maka apa yang dibayangkan secara terus menerus dan penuh keyakinan cenderung menjelma dan terwujud dalam kehidupan nyata.

Demikian luar biasanya rumus GKF (Gerak, Kata, Fokus) dalam meningkatkan peforma kita. Selamat mencoba! 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x