Dalam pendidikan Bahasa Indonesia, siswa diharuskan menguasai serta menguasai keahlian semacam menyimak, membaca, menulis, dan berdialog. Dalam perihal ini, guru memegang kedudukan selaku fasilitator buat menunjang keberhasilan siswa dalam menggapai keempat keahlian tersebut. Salah satu upaya efisien yang bisa dilakukan guru buat menunjang keberhasilan siswa dalam menggapai keterampilan tersebut merupakan dengan menerapkan media pendidikan tertentu dalam pendidikan. Media merupakan suatu perlengkapan yang dipakai selaku saluran buat mengantarkan sesuatu pesan ataupun data dari sesuatu sumber kepada penerimanya. Penggunaan media bertujuan supaya siswa dapat kreatif, berpikir kritis, memiliki kepekaan, dan lebih mempertajam energi pikir serta imajinasinya.
Dikala ini pertumbuhan teknologi data sangat pesat sehingga pelaksanaannya juga bisa menolong serta memudahkan seluruh bidang, tercantum bidang pembelajaran. Ada banyak media pendidikan yang sukses terbuat dengan teknologi data sehingga membuat pendidikan lebih menarik, efektif, serta gampang. Pada Maret 2011, Balai Teknologi Komunikasi Pembelajaran( BTKP) Provinsi DIY melaksanakan pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis website( E- learning) untuk guru SD, SMP, SMA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK). Aktivitas ini dimaksudkan buat membagikan pembelajaran serta pelatihan pembuatan modul pendidikan yang hendak di upload pada Jogja Learning Gateway( JLG).
Sepatutnya dengan adanya bermacam pelatihan ataupun workshop menimpa pembuatan media pendidikan, guru dapat memanfaatnya dan mengaplikasikannya dalam pendidikan di kelas. Guru juga sepatutnya mengrtahui mengenai bermacam berbagai media pendidikan yang sesuai digunakan buat pendidikan bahasa. Dengan demikian, pendidikan di kelas lebih bermacam- macam dengan adanya pemakaian media pendidikan, spesialnya pendidikan Bahasa Indonesia.
pembelajaran bahasa Indonesia dalam kegiatan belajar mengajar. Media yang penggunaannya mendominasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu Media Grafis, Media Audio-Visual, Media Berbasis Komputer.
Media grafis terdiri dari meliputi papan tulis, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kartu grafik, tabel, dan bagan, dan puzzle surat dinas dan surat pribadi.. Media audio-visual terdiri dari digunakan dalam pembelajaran menyimak dan mengungkapkan kembali informasi yang terdapat dalam rekaman video.media berbasis computer penggunaan media powerpoint dalam pembelajaran
Alibi yang mendasari guru dalam pemilihan media pendidikan bahasa Indonesia gampang dijangkau oleh guru ataupun siswa, baik dalam perihal pembuatan media pendidikan, ataupun penyampaian serta penerimaan modul pendidikan. Dengan demikian, tujuan pendidikan bisa tercapai cocok rencana pendidikan.