Mohon tunggu...
Achmad Siddik Thoha
Achmad Siddik Thoha Mohon Tunggu... Dosen - Pengajar dan Pegiat Sosial Kemanusiaan

Pengajar di USU Medan, Rimbawan, Peneliti Bidang Konservasi Sumberdaya Alam dan Mitigasi Bencana, Aktivis Relawan Indonesia untuk Kemanusiaan, Penulis Buku KETIKA POHON BERSUJUD, JEJAK-JEJAK KEMANUSIAAN SANG RELAWAN DAN MITIGASI BENCANA AKIBAT PERUBAHAN IKLIM. Follow IG @achmadsiddikthoha, FB Achmad Siddik Thoha

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Ketika Gadis Bule Berkunjung ke Desa

17 Juni 2012   16:06 Diperbarui: 25 Juni 2015   03:52 1326
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

“Bang, tolong bilangkan ke dia, apa bisa aku foto bareng sama dia?” Ungkap seorang tukang bengkel di Jalan Trans Kalimantan Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Dia yang dimaksud adalah seorang gadis bule yang sedang saya damping dalam penelitian.

Saya kemudian balik bertanya, “Buat apa, Bang.”

“Aku mau taruh di Facebook, Bang.”

Gubrak!

Hati saya berkecamuk. Saya menahan tawa bercampur sedikit kesal.

***
Itulah sepenggal kejadian yang tidak mudah saya lupakan selama sepekan mendampingi mahasiswa asing di Kalimantan. Sebuah kisah perjalanan yang kadang membuat segala sesuatu yang saya alami bisa sangat menegangkan namun sekaligus membuat senyum bisa terkulum. Menegangkan karena saya bertanggungjawab atas keselamatan, kenyamanan dan kelancaran selama orang asing tersebut berada di Kalimantan. Senyum selalu terkulum ketika saya melihat keluguan sekaligus kekonyolan warga desa melihat kehadiran orang asing di kampungnya apalagi itu seorang gadis.

Nasib orang asing itu selain bergantung pada Tuhan, saya juga ikut menentukan nasibnya, termasuk pada siapa dia boleh berfoto. Tidak hanya masalah berfoto, saya bisa menentukan dia harus makan atau tidak, ke kamar mandi atau tidak atau bahkan tidur atau tidak. Mengapa?

Pertama, masalah bahasa. Tentu saja orang asing yang tidak bisa berbahasa Indonesia nasibnya tergantung pada pemandunya, salah satunya saya. Meski dia membawa kamus, tetap saja dia lebih percaya pada saya daripada kamus. Kedua, penguasaan medan. Saya sudah pernah datang ke tempat yang akan dia (orang asing) kunjungi. Saya tahu banyak kondisi alam, harga barang, jalur transportasi, tempat menginap dan lain-lain. Ketiga, saya dekat dengan orang lokal. Meskipun saya sendiri tahu lokasi dan kondisinya, tanpa orang lokal saya juga kurang percaya diri mendampingi orang asing. Karena orang lokal sangat percaya dan nyaman dengan saya, mahasiswa asing ini menurut saja.

Pada kondisi saya yang “diatas” angin, bisa saja saya memperlakukan apa saja padanya. Tapi inilah ujiannya. Saya harus menjaga kenyamanan dia lahir batin., termasuk menjaga privasi dia untuk tidak begitu saja dimanfaatkan orang lain, termasuk menolak orang yang tidak jelas untuk meminta berfoto bersama.

Kehadiran orang asing ke kampung memang menarik sangat menarik perhatian. Saat mahasiswa asing yang saya damping melewati orang-orang di desa, semua mata terperanjat. Mahasiswa asing ini bak magnet yang membuat semua mata tertuju padanya.

“You attrack many people here.” Ungkap saya pada mahasiswa asing itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun