Salah satu ciri dari Era Industri 4.0 adalah bagaimana teknologi bisa menjadi "kunci" dalam mengoptimalkan sebuah pekerjaan. Â Dimana salah satu teknologi yang saat ini cukup banyak menjadi sorotan di kalangan profesional sales dan marketing adalah CRM ( Customer Relationship Management)Â .
Mungkin bagi yang belum paham apa  fungsi dan kegunaan  CRM masih bertanya, apa untungnya menggunakan CRM atau apa hebatnya CRM sehingga mesti menggunakan. Namun berbeda jika yang sudah paham apa itu CRM, maka mereka akan mengatakan bahwa inilah salah satu tools yang saat  ini bisa menjadi alat bantu profesional sales pada khususnya dan divisi marketing pada umumnya dalam mengoptimalkan proses kerja yang mesti mereka jalankan setiap hari.
Sekedar menjelaskan apa  itu CRM secara umum, ini adalah sebuah tools yang mampu mengkombinasikan beberapa hal seperti  Kebijakan, Proses kerja di kantor dan di lapangan, Strategi perusahaan dalam menjalankan bisnis. Dimana tujuan dari adanya  integrasi semua hal diatas adalah untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan oleh perusahaan.
Jika di lihat dari perspektif artinya jelas CRM memiliki makna yang lebih luas  guna mendukung proses bisnis sebuah perusahaan. Ada dua pendekatan yang bisa di dapat dari pengertian CRM jika kita melihatnya dari perspektif bisnis: (1) CRM dapat di gunakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dan memaksimalkan semua informasi yang berhubungan dengan pelanggan. (2) CRM dapat di gunakan oleh perusahaan untuk bisa berkomunikasi dengan baik antara perusahaan dengan customer dan calon customer. Dengan kondisi seperti itu maka semua hal yang terkait dengan customer bisa di optimalisasi oleh perusahaan.
Mungkin kita semua bertanya, jika implementasi CRM sudah di lakukan oleh perusahaan, apa sejatinya keuntungan yang akan didapat perusahaan. Jika kondisinya sama saja, mungkin perusahaan melihat tidak akan banyak gunanya juga penggunaan CRM  bagi perusahaan. Tetapi  jika memang kondisi itu bisa membuat perusahaan mendapatkan value  lain dari sebuah implementasi  sebuah sistem, maka hal itulah yang pada akhirnya menjadi satu kondisi yang jelas menguntungkan  bagi perusahaan.
Dari sinilah, kita bisa melihat bahwa CRM itu bukan sekadar sistem atau tools semata. Jika kita coba amati dari kondisi yang saat  ini ada, dimana beberapa hal penting kenapa pada akhirnya CRM di gunakan oleh semua jenis industri bisa di jelaskan sebagai berikut:
(1) CRM sejatinya bisa sebagai alat untuk mendekatkan perusahaan dengan pelanggannya. Ingat pelanggan itu adalah raja, ketika pelanggan sudah loyal dengan perusahaan, maka bagi perusahaan  itu sudah merupakan sebuah keberhasilan.Â
(2) CRM sejatinya bisa menjadi alat untuk menambah nilai atau value lain bagi perusahaan. Karena pelanggan atau klien, tidak hanya melihat sebuah produk dari sebuah perusahaan, tetapi ada unsur lain seperti service, serta value lain yang bisa di dapatkan pelanggan dari sebuah perusahaan. Dan CRM Â akan bisa mewujudkan kondisi itu jika penggunannya bisa di lakukan secara maksimal.
BARANTUM SHARING SECTION, STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MENDEKATKAN DIRI DENGAN PELANGGANNYA
Keberhasilan sebuah perusahaan dalam Era Industri 4.0  adalah bagaimana saat ini perusahaan bisa mempertahankan pelanggan yang sudah ada sehingga mereka menjadi loyal customer. Karena jika hal  itu tidak bisa di jalankan oleh perusahaan, maka akan sulit bagi  team sales akan selalu mencari dan mencari  klien atau pelanggan baru.Â
Sebuah study menyatakan bahwa mencari pelanggan baru itu butuh effort lebih besar di banding mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Jadi bagaimana caranya saat ini dengan kondisi yang ada perusahaan bisa mempertahankan pelanggan  yang sudah ada dengan baik dan menjadikan mereka loyal pelanggan  itu sebuah strategi yang juga bisa di jalankan dengan penggunaan tools CRM.