Mohon tunggu...
Achmad Ryyan Andifaprasta
Achmad Ryyan Andifaprasta Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis apa saja

Baru saja lulus kuliah, dengan predikat 'biasa aja".

Selanjutnya

Tutup

Music

Girlband Bernama Blackpink Itu Tembus Coachella

16 Juni 2019   16:51 Diperbarui: 16 Juni 2019   16:55 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://www.instagweb.com/tag/blinkboy 

Siapa yang tak kenal Blackpink? Girlband asla Korea Selatan yang beranggotakan 4 orang (Jennie, Lisa, Jisoo, & Rose) ini akhir-akhir ini cukup melejit namanya di jagat hiburan. Blackpink memulai debutnya sekitar 2 tahun yang lalu dan karirnya terus menanjak hingga saat ini. Dimanapun Blackpink tampil, pasti konser mereka dibanjiri penonton.

Jelas Blackpink sangat dipandang di dunia hiburan. Keempat personil mereka memiliki paras yang bagi saya sangat cantik, badan ideal, membuat mereka enak dilihat. Selain itu suara yang khas dari masing-masing personel menambah daya Tarik. Suara Rose yang berkarakter manja, Jisoo yang suara sedikit berat dan serak, Lisa seperti Rapper Amerika, dan Jennie bersuara lembut. Faktor fisik tersebut dipadukan dengan music serta lagu yang asik namun mudah diingat serta kereografi yang membuat mata enggan berkedip membuat memori tentang Blackpink mudah menancap di alam bawah sadar.

Selama ini, saya melihat K-Pop sebagai music yang tidak menarik dan aneh. Dulu, bagi saya music-musik barat jelas lebih menarik. K-Pop memang memiliki banyak fans fanatic, namun bagi saya hanya pantas berskala local saja. Barangkali karena imaji pasca-kolonial saya, yang membuat saya melihat bangsa Timur (termasuk saya sendiri), adalah bangsa yang inferior, dan yang bara selalu superior. Sebelum saya akhirnya disadarkan oleh kuliah-kuliah pasca-kolonialisme.

Kemudian saya mengenal Blackpink dari adik saya yang fans K-Pop. Setelah saya tonton ternyata keren juga. Semakin lama semakin bertambah karya, di mata saya Blackpink semakin keren saja. Saya akhirnnya selalu mengikuti perkembangan Blackpink dimanapun: di social media dan di tongkrongan.

Saya rasa, dunia juga mulai melirik industry-industri music Asia, terutama Korea pada saat ini. Girlband Blackpink pun sering disorot media barat, membernya menjadi cover majalah fashion Perancis terkenal, duet dengan penyanyi top Dua Lipa, dan akhir-akhir ini baru saja mengadakan konser di Coachella. Dengan demikian saya menjadi berpikir, tahun-tahun ini barangkali adalah akhir dari ekses kolonialisme yang menciptakan dunia menjadi superior dan inferior, dan menciptakan kesamaan, kesetaraan, kebebasan, dan persaudaraan antar setiap manusia dunia. Seperti kredo-kredo perjuangan puluhan hingga ratusan tahun lalu. Wallahu'alam

Kabar Blackpink akan tampil di Coachella membikin saya terkejut sekaligus terkagum. Pasalnya Coachella bukan festival music sembarangan. Barangkali Coachella menjadi barometer music dunia. Siapa yang pernah menginjak panggung Coachella, pastilah menjadi musisi yang diakui dunia. Musisi seperti Pearl Jam, Oasis, Coldplay, Radiohead. AC/DC, dan Eminem pernah manggung disana. Dan masih banyak lagi. Dan Blackpink? Mereka akan manggung disana. Jelas sebuah kebahagiaan tersendiri bagi fans K-Pop khususnya para Blinks.

Blackpink mendapat jadwal tampil tanggal 19 April 2019. Waktu itu, mereka sepanggung dengan artis-artis barat sekelas Childish Gambino, The 1975, DJ Snake, dan lain sebagainya. Saya mencoba mengikuti konser tersebut, walaupun hanya mengikuti via online. Karena tidak mungkin bagi saya untuk hadir langsung ke lokasi. Jelas, acara tersebut berada di negeri yang jauh disana, serta harga tiketnya yang selangit. Saya hanya bisa geleng-geleng kepala saja kalau tahu berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk sampai di Coachella.

Namun semangat untuk mengikuti Blackpink di Coachella tetap membara. Berbekal paket internet dari Smartfren yang susah habisnya itu, saya berseluncur di dunia maya mencari video-video yang merekam aksi Blackpink membakar panggung Coachella. Walaupun saya sedang di desa karena ada urusan yang harus diselesaikan, melihat aksi Blackpink via online tetap lancar jaya. Tanpa ngadat dan kuota seakan tetap utuh.

Beberapa hari kemudian, Official Blackpink di Youtube mengeluarkan rilis resmi serial "Blackpink Live at Coachella". Beruntungnya, kuota Smartfren saya masih banyak. Padahal sudah sebulan yang lalu saya beli. Akhirnya saya dapat streaming Blackpink dengan kualitas video yang bagus dan tanpa ngadat. Sesuai dugaan saya, penampilan mereka menakjubkan!

Jennie CS tampil sangat percaya diri dengan live music (bukan rekaman) dan suara asli tanpa lypsinc. Beberapa lagu andalan mereka bawakan seperti Du Ddu Du Ddu dan Kill This Love. Apalagi kostum yang mereka kenakan, terlihat semakin seksi. Ditambah dengan koreografi yang tegas dan tanpa malu membuat mata serasa enggan berkedip. Menonton video dengan kualitas tinggi dan tanpa ngadat membuat saya berasa hadir langsung di lokasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun