Mohon tunggu...
Achmad Rifai
Achmad Rifai Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Monitoring dan Evaluasi Sosial Media

18 Juli 2018   11:05 Diperbarui: 18 Juli 2018   11:22 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sosial Media Monitoring adalah sebuah metode analisa untuk melihat berbagai macam respon atau opini pengguna terhadap tokoh, organisasi dan merek, dengan menarik data yang didapat dari semua jenis Social Media. Serta evaluasi adalah sebuah analisa yang dilakukan untuk memperbaiki sosial  media monitoring yang telah dilakukan.

Sosial media monitoring biasa digunakan untuk sampel -- sampel perusahaan yang diambil melalui sosial media seperti facebook, instagram, whatsaap dan sosial media lainya yang sedang tren saat ini. 

Sosial media monitoring juga bisa digunakan untuk meneliti sebuah sikap konsumen yang sangat berbeda-beda dalam menentukan minat beli suatu produk, jadi sosial media monitoring mampu menganalisa seberapa banyak minat seorang konsumen dalam menilai suatu produk perusahaan itu sendiri . 

Dalam hal ini perusahaan mampu mengontrol pasar dan bisa mengetahui tangapan konsumen baik itu posisitif maupun negatif kedepanya. tidak hanya itu saja, sosial media monitoring juga bisa dibuat sebagai media perencanaan dalam membuat suatu ide produk perusahaan dengan mengetahui hal apa saja yang sedang dibutuhkan konsumen saat ini  dan membuat sebuah inovasi terbaru dan termutakhir yang perusahaan lain tidak bisa menirunya. 

Media sosial yang ada menjadi sangat berguna bagi perusahaan-perusahaan kecil dan besar sekalipun, maka dari itu sosial media monitoring bisa diakses dimana saja, kapan saja, dan dimana saja tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Perusahaan-perusahaan dunia saat ini juga melakukan hal yang sama untuk menarik dan mengerti audience serta konsumen dengan meggunakan sosial media monitoring. tentunya sosial media aan lebih berguna dan bernilai positif ketimbang menggunakanya hanya sebatas chatting, update status dan unggah foto yang tidak bermanfaat. 

Sosial media monitoring turut berpartisipasi dalam menentukan maju atau tidaknya sebuah perusahaan, jika sebuah perusahaan tidak menggunakan sosial media monitoring maka bisa dikatakan sebuah perusahaan menjadi ketinggalan dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang saat ini, dan akan terus tertinggal seperti inovasi, kretifitas, dan pengetahuan tentang pasar global yang kian maju tekonologinya. 

Evaluasi adalah sebuah sarana yang dilakukan setelah proses sosial media monitoring dilakukan dengan mengetahui apakah penilaian konsumen positif atau negatif melalui media sosial yang sedang tren saat ini. Evaluasi juga bisa dikatakan pembenahan sebuah produk yang sudah beredar di masyarakat dengan menambah inovasi- inovasi terbaru yang lebih baik dan termutakhir yang kemudian mampu bermanfaat bagi konsumen sepenuhnya. 

Ketika sebuah perusahaan sudah melakukan sosial media monitoring tetapi tidak melakukan evaluasi berarti proses sosial media monitoring akan sanagat tidak berguna dilakukan karena keterkatiannya sangat penting demi kemajuan sebuah perusahaan. 

Evaluasi juga tidak akan bisa dilakukan jika sosial media monitoring tidak dilakukan leh sebuah perusahaan. jadi bisa dikatakan sebuah perusahaan tidak akan pernah maju tanpa adanya sosial media monitoring dan evaluasi ini dan bisa dikatakan juga nyawa dari sebuah perusahaan ditentukan oleh sosial media monitoring dan evaluasi , jadi semakin sering digunakan, maka akan sangat cepat berkembang pesat sebuah perusahaan.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun