Mohon tunggu...
Achmad Saifullah Syahid
Achmad Saifullah Syahid Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

orang-orang cahaya berhimpun di dalam tabung cahaya, tari-menari, di malam yang terang benderang sampai fajar menjelang di cakrawala.

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Manfaat dan "Keajaiban" Sebiji Pisang

11 Mei 2020   20:24 Diperbarui: 11 Mei 2020   20:35 607 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: KOMPAS.COM/MARGOUILLATPHOTOS

Beberapa tahun terakhir Jombang bangkit dengan festival buah-buahan lokal. Satu di antaranya adalah Kenduri Durian di Kec. Wonosalam. Acara tahuan ini menampilkan durian lokal Wonosalam. Acara puncak Kenduri Durian digelar pada 8 Maret 2020 lalu.

Dihadiri ribuan masyarakat dari Jombang dan warga luar kota, ajang Kenduri Durian menyajikan sensasi menikmati durian. Rangkaian acaranya pun tidak boleh dilewatkan. Menanam 100 durian Bido, Kontes Durian Lokal di De Durian Park, Gowes Durian Bikecamp menarik minat masyarakat untuk datang ke Kec. Wonosalam.

Foto: KOMPAS.COM/MOH.SYAFII
Foto: KOMPAS.COM/MOH.SYAFII
Selain durian, bicara buah lokal, pisang juga menjadi konsumsi yang digemari masyarakat. Berbagai jenis makanan dan minuman yang menggunakan bahan dasar pisang banyak dijumpai. Apalagi, pada bulan puasa, jajanan seperti gedhang goreng, kolak, pisang cokelat, pisang keju menjadi menu pembuka saat buka puasa.

Pisang Cokelat yang "Kriuk" dan Lumer

Salah satu jajanan favorit saat buka puasa adalah pisang cokelat. Kerap dinamakan piscok, jajanan ini tidak ribet cara membuatnya. Pisang yang diolah bisa dari berbagai jenis. Asalkan, saat digoreng pisang tidak ikut lumer. Pisang kepok, pisang tanduk dan pisang uli merupakan jenis pisang yang cocok untuk digoreng.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pisang cokelat adalah:

5 buah pisang uli yang sudah matang

15 lembar kulit lumpia

Bubuk cokelat Chocolatos

Langkah pembuatannya pun cukup mudah. Kupas buah pisang. Iris kecil-kecil sesuai selera. Letakkan irisan pisang di atas nampan penggorengan. Taburkan di atasnya bubuk cokelat Chocolatos. Tambahkan sedikit air.

Nyalakan kompor dengan api kecil saja. Goreng irisan pisang yang telah bercampur dengan air dan bubuk cokelat. Aduk irisan pisang dan bubuk cokelat yang meleleh hingga rata. Matikan api kompor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sehat dan Gaya Selengkapnya
Lihat Sehat dan Gaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan