Mohon tunggu...
Achmad Irfan
Achmad Irfan Mohon Tunggu... Administrasi - KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam)

Saya Suka membaca dan menulis tentang sosial,politik, Hukum, Ekonomi, Budaya

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Pulau Big Diomede dan Pulau Little Diomede Terpisah oleh Garis Imajiner, Maksudnya Apa Ya?

2 Oktober 2022   06:56 Diperbarui: 2 Oktober 2022   07:04 221 17 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kepulauan Diomede, Pulau Little Diomede (kiri) dan Pulau Big Diomede (kanan).  (Foto: detik.com)

Pernahkah terpikirkan oleh logika kita jika hanya berjarak tidak sampai 10 Km, tetapi terjadi perbedaan waktu?, Sedangkan di Indonesia terbagi 3 zona waktu (WIB,WITA dan WIT) karena letak astronomis Indonesia berada di 96 BT hingga 141 BT. 

Ini kisah nyata Kepulauan Diomede terdiri dari Big Diomede (Rusia) dikenal dengan nama imaqliq dan Little Diomede bagian dari Alaska (Amerika Serikat) dikenal dengan nama  Ignaluk. 

Jarak Kedua pulau tersebut hanya 3,8 Km tetapi berbeda waktu 21 jam. Menurut laman Wikipedia,  perbedaan waktu tersebut karena kedua pulau terpisahkan oleh garis imajiner penanggalan Internasional.  Garis waktu Internasional adalah garis khayal di permukaan bumi yang berfungsi untuk mengimbangi (offset) penambahan waktu ketika seseorang berpergian menuju arah timur melalui berbagai zona waktu.

 Akibatnya Pulau Diomede besar dijuluki pulau besok sedangkan Pulau Diomede Kecil dijuluki Pulau kemarin.  Setelah Soviet mendirikan pangkalan militer di pulau Diomode besar tahun  1948, Pemerintah Soviet mengalokasikan semua penduduk pulau Diomede besar ke daratan Rusia. 

Pulau Diomede kecil dihuni oleh suku Inupiat, sebanyak 150 orang berdasarkan data sensus penduduk 2010. Di desa Diomede kecil terdapat sekolah, kantor, pos dan toko. Ini adalah sesuatu hal yang unik, dua pulau yang berdekatan tetapi perbedaan waktu 21 jam hampir satu hari penuh. 

Pulau Diomode ini juga diawasi dan di legitimasi oleh dua kekuatan besar dunia, Pulau Diomode Besar dikuasainoleh Rusia sedangkan Pulau Diomode Kecil di kuasai Amerika Serikat. 

Bahkan selama perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dipsahkan oleh tirai es. Sampai saat ini kedua pulau tersebut masih ada dan masih merupakan perbatasan antara Amerika Sarikat da Rusia, bahkan banyak beberapa turis mancanegara yang mengunjungi Pulau Diomede karena keunikannya tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan