Mohon tunggu...
Achmad Irfan
Achmad Irfan Mohon Tunggu... Administrasi - KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam)

Saya Suka membaca dan menulis tentang sosial,politik, Hukum, Ekonomi, Budaya

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

7 Kiat Berani Bicara di Depan Umum

14 September 2022   06:50 Diperbarui: 14 September 2022   07:07 187 22 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aktifitas sehari-hari terkadang menuntut kita untuk berinteraksi dengan masyarakat, berbagai macam jenis pekerjaan dan lingkungan yang berbeda membuat kita harus percaya diri. Pada dasarnya manusia dibekali akal, logika dan perasaan oleh Tuhan. Bicara di depan umum bukan sesuatu hal yang mudah, butuh kemauan yang keras serta kepercayaan diri yang kuat agar kita berani bicara di depan umum

Hal non teknis seperti banyaknya orang di depan kita, suasana ruangan yang kurang nyaman, kondisi tubuh yang kurang fit juga mempengaruhi seseorang untuk berani bicara di depan umum. Untuk itu penulis mencoba berbagi 7 Kiat, agar kita berani bicara di depan umum:

1. Doa

Segala sesuatu yang akan kita lakukan, harus diawali dengan doa, karena doa ini menghubungkan diri kita dengan sang pencipta agar selalu diberikan kemudahan dan kelancaran.

2. Niatkan dalam hati

Niat dalam hati adalah pondasi utama, agar kita berani bicara di depan umum. Niat dalam hati adalah pondasi awal sebelum kita latihan bicara di depan umum.

3. Mencari referensi cara bicara di depan umum

Ada baiknya sebelum kita latihan bicara di depan umum, kita melihat referensi  teori baik melalui media sosial atau orang-orang sekitar lingkungan kita.

4. Mencari tema sederhana untuk latihan bicara 

Sebelum kita berlatih untuk bicara di depan umum, kita harus menyiapkan tema untuk latihan dari hal-hal yang ringan seperti menceritakan aktivitas kita dari pagi sampai menjelang tidur malam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan