Mohon tunggu...
Achmad Humaidy
Achmad Humaidy Mohon Tunggu... Freelance KOL Specialist - Blogger -- Challenger -- Entertainer

#BloggerEksis My Instagram: @me_eksis My Twitter: @me_idy My Blog: https://www.blogger-eksis.my.id

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Inilah Rahasia Kolaborasi Konten Terbaik dari Marketing Management Telkom Indonesia

30 September 2022   07:15 Diperbarui: 30 September 2022   07:19 536
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Vice President Marketing Management Telkom Indonesia pada ajang Indonesia Brand Forum Conference 2022 (tangkapan layar pribadi)

Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia, Edie Kurniawan mengemukakan "Penghargaan kolaborasi konten terbaik tentu saja sangat berarti dan sebuah pengakuan. Kolaborasi IndiHome dengan berbagai platform over the top (OTT) memiliki arti tersendiri bagi penyedia layanan internet terbaik dalam melayani kebutuhan pelanggan, terutama untuk konten digital yang saat ini telah menjadi akses hiburan utama masyarakat"

         Dalam membangun ekosistem digital service and digital content terlengkap di Indonesia, IndiHome tentu tidak bisa sendiri. Product development dan diferensiasi terus dikembangkan. Community collaboration and ecosystem collaboration pun saling bergandeng tangan untuk menciptakan multi layanan streaming service yang melengkapi ragam kebutuhan pelanggan. Tidak hanya dari sisi konten saja, digital branding terus digencarkan seiring tren teknologi yang terus berganti.

         Semua pernyataan tersebut disampaikan dalam acara penghargaan Indonesia Brand Forum (IBF) 2022 yang berlangsung secara hybrid. Kebetulan, penulis hadir dalam ruang daring pada Senin (19/9/2022)

         Inisiatif acara IBF yang sudah menginjak tahun ketiga ini layak diapresiasi. Ajang penghargaan bagi merek-merek ternama bisa menjadi platform penguatan brand-brand lokal agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Para pelanggan yang loyal terhadap suatu merek harus terpenuhi kebutuhannya. Sementara disisi lain, kompetisi merek-merek sejenis tak segan melirik potensi pelanggan-pelanggan baru. Dari sinilah pelaku consumer goods harus cerdik menunggangi gelombang perubahan yang terjadi dalam era serba digital seperti sekarang ini.

         Dalam sesi webinar kala itu, Pak Iwan menambahkan bahwa jejaring konten kreator dari OTT dengan konsep window of entertainment telah diluncurkan. Misal saat pelanggan internet terbaik Indonesia ini cek IndiHome TV, maka 14 platform OTT sudah muncul disana. Dari kolaborasi konten terbaik yang terbentuk akan memunculkan mutual benefit yang menuntut pengelola merek terus mengembangkan branded service lewat seamless customer experience.

         Coba kita tengok generasi milenial dan generasi Z yang punya habbit menonton. Dari tren pendekatan tersebut, maka sebagai penyedia layanan internet terbaik harus memberi alternatif hiburan tanpa batas yang mampu memenuhi kebutuhan mereka. Bahkan, kalau ditarik secara global ada 183 juta user connected pengguna IndiHome yang suka akses nonton puas tanpa batas. Dari situ, merek bisa membuat kata kunci melibatkan banyak pihak dalam setiap pengembangan strategi konten terbaik (consumer journey)

         Lantas, timbul pertanyaan "Bagaimana cara menjaga supaya kolaborasi konten terbaik tetap sustain?" Pak Iwan pun menjawab bahwa tingkat profesionalisme harus dipertaruhkan untuk mengajak partner atau mitra yang tepat.

        Pandemi membawa berkah bagi layanan internet terbaik karena dipercaya bermanfaat dalam memberi hiburan dari mana saja. Strategi eksplorasi momentum ini, memunculkan Fear of Missing Out (FOMO) sebagai unsur penting. Banyak sekali generasi zaman now yang punya rasa takut merasa 'tertinggal' sebab tidak mengikuti aktivitas atau tren tertentu. Dari situ, merek harus melihat ada value yang harus dibentuk sebagai upaya meningkatkan brand exposures, brand awareness, and brand equity. IndiHome pun mulai menjajaki pelanggannya yang tak mau ketinggalan atau terlewatkan tayangan dari hiburan yang ingin ditontonnya setiap saat.

        Strategi ampuh lain yang bisa diwujudkan yaitu storytelling. Kolaborasi konten terbaik akan berhasil apabila brand and partner/kolaborator mampu memiliki kesamaan. Sebut saja dalam hal konten yang otentik (authenticity), aspek virality, immediate, relevancy, and validity. Dengan demikian "content is the king" akan membawa persepi pelanggan untuk menikmati setiap suguhan layanan atau promo yang disajikan.

         Perwujudan inklusivitas pada layanan internet terbaik dan kolaborasi konten terbaik berbasis digital di Indonesia tak akan berhenti sampai disini. Kepuasan atas penghargaan yang diraih IndiHome sebagai The Best Brand Champion for Product/Service Collaboration terus memacu untuk memperluas dan meningkatkan digital service melalui kolaborasi co-branding partnershipnya. Merek internet terbaik ini juga masih memberi peluang bagi blogger marketing untuk kolaborasi menghadirkan konten digital co-creative and coopetition yang impactfull.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun