Mohon tunggu...
Achmad Humaidy
Achmad Humaidy Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger -- Challenger -- Entertainer

#BloggerEksis My Instagram: @me_eksis My Twitter: @me_idy My Blog: https://www.blogger-eksis.my.id

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Kedamaian Ramadan Seiring Peringatan Waisak yang Meneduhkan

7 Mei 2020   15:56 Diperbarui: 7 Mei 2020   15:53 863 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peringatan Waisak di Vihara sepi karena ibadah di rumah saja (Pixabay)

Aku termenung di bawah mentari

Di antara megahnya alam ini

Menikmati indahnya kasih-Mu

Kurasakan damainya hatiku


     Lagu Damai Bersamamu mengiringi jari-jemariku ketika mengetik tulisan ini. Saat semua umat muslim sedang melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan, umat Budha juga merayakan Hari Waisaknya. Ada kesamaan tahun ini karena Corona yang masih merajalela. Semua umat beragama hanya bisa beribadah dari rumah saja.


     Lagu Damai Bersamamu cukup populer di telinga karena sarat pesan kental toleransi yang menggema. Diciptakan oleh seorang nasrani bernama Johny A. Sahilatua dan pernah dinyanyikan oleh penyanyi muslim, almarhum Chrisye. Lagu ini juga dinyanyikan kembali oleh penyanyi pendatang baru, seperti Sheila Marcia dan Virzha.


     Universalnya lagu tersebut sungguh meneduhkan hatiku. Sebuah karya seni bisa menyatukan semua perbedaan yang tercipta. Begitu juga suasana pandemi Covid-19 yang kita alami seperti sekarang. Walau berbeda agama, kita harus tetap satu jua.


     Sebagai umat beragama, kita harus sadar bahwa semua agama mengajarkan kebaikan terhadap umatnya. Semua agama hanya ingin kedamaian. Sama hal ketika ibadah di bulan Ramadan beriringan dengan peringatan hari raya Waisak.


     Sejatinya, ibadah puasa tak hanya dilakukan umat muslim. Sebelum Waisak, umat Budha juga dianjurkan untuk melaksanakan latihan Atthasila. Latihan ini meliputi 8 aturan moral bagi umat perumah-tangga yang salah satunya menahan diri untuk tidak makan lewat tengah hari sampai besok pagi. Hanya saja, mereka boleh minum air. Namun, tak dianjurkan untuk menghibur diri dengan menonton acara hiburan, seperti televisi atau mendengar musik.

Puasa dalam agama Budha (arsip teman)
Puasa dalam agama Budha (arsip teman)
     Sepemahaman aku yang berkawan dengan teman beragama Budha, para biksu juga diwajibkan tidak boleh mencari makan atau bekerja sendiri. Mereka harus meminta makanan dari orang biasa dengan berkeliling dan makan hanya dari apa yang mereka dapat pada hari Waisak. Konon tindakan itu meniru teladan Sidharta Gautama pada masanya. Kalau tak dapat makanan, otomatis para biksu itu harus berpuasa.

    Dalam Buddhisme juga tak ada doa untuk meminta. Ajaran paling dasar yaitu tentang latihan melepas, memberi, dan berdana. Dilanjutkan dengan latihan moralitas serta meditasi. Itulah yang menyebabkan bahwa saat hari Waisak, umat Budha sering merenung terkait Cinta Kasih agar semua makhluk bisa bahagia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan