Mohon tunggu...
Achmad Humaidy
Achmad Humaidy Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger -- Challenger -- Entertainer

#BloggerEksis My Instagram: @me_eksis My Twitter: @me_idy My Blog: https://www.blogger-eksis.my.id

Selanjutnya

Tutup

Mudik Cerdik

Transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu, Hanya BCA yang Bisa

30 Mei 2019   00:01 Diperbarui: 30 Mei 2019   01:42 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bulan Ramadhan akan segera berakhir. Masyarakat Indonesia sudah bersiap merayakan hari kemenangan yang ditunggu bersama dengan keluarga dan kerabat dekat setelah sebulan penuh berpuasa. Momen mudik jadi tradisi masyarakat kita yang seolah turun temurun setiap tahunnya.

Demi mempersiapkan perjalanan mudik, berbagai kebutuhan lebaran harus dibeli. Apalagi aku bersama keluarga biasa pergi menuju kampung halaman di Pulau Sumatera. Logistik pun dipenuhi karena perjalanan yang kami tempuh bisa 3 sampai 5 hari lamanya melalui jalur darat.

Berhubung memilih jenis transportasi kendaraan pribadi, maka aku harus mengeluarkan anggaran selama dalam perjalanan. Bila tidak ingin boros, aku terbiasa belanja beberapa makanan dan minuman sebagai teman dalam perjalanan. Ingatanku kembali memutar pada pengalaman beberapa tahun silam.

Sebelum mudik, aku sengaja mengunjungi supermarket untuk membeli dua dus mie instan, soft drink, makanan ringan, susu kemasan, kue kering, dan obat-obatan. Terlalu asyik mengambil semua barang-barang yang dibutuhkan membuat total pembelanjaan membengkak saat aku harus membayar di kasir. Uang tunai yang aku bawa, tak cukup untuk membayar semua barang belanjaan yang ada. Parahnya lagi, aku lupa tak membawa kartu ATM karena memang aku sering menaruh kartu tersebut di card holder bukan di dompet.

Mau tidak mau, pembayaran ditunda. Tapi, aku tak mau pulang langsung ke rumah. Aku teringat bahwa sehari sebelumnya, aku telah update aplikasi BCA Mobile di Google PlayStore. Pada versi terbaru layanan perbankan itu, ada fitur tarik tunai yang membuat aku penasaran ingin mencobanya.

Berikut langkah-langkah yang aku lakukan saat mencoba fitur baru tersebut, yaitu:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile dan pilih menu m-BCA.
  2. Kemudian segera login dengan memasukkan 6 digit kode akses kombinasi huruf dan angka.
  3. Lalu pilih menu "Tarik Tunai"
  4. Pilih sumber dana (jika kita memiliki lebih dari 1 rekening) dan pilih nominal sesuai jumlah yang diinginkan. (Berhubung aku kekurangan uang tunai senilai 200.000, maka aku memilih nominal itu).
  5. Data konfirmasi akan keluar dan klik "OK"
  6. Demi keamanan, kita akan diminta untuk memasukkan 6 digit pin m-BCA dan dilanjutkan dengan tekan kembali "OK"
  7. Selanjutnya, notifikasi pada menu inbox akan tampil. Disitu akan ada keterangan kode tarik tunai dan jatuh tempo pengambilan uang tersebut.
  8. Aku pun bergegas mencari ATM BCA terdekat. Kebetulan ATM tersebut ada di pintu masuk supermarket dan mataku langsung tertuju pada tulisan di pojok kanan bawah layar ATM yang tertulis "cardless transaction" atau transaksi tanpa kartu.
  9. Setelah ditekan akan ada pilihan tarik tunai dilakukan melalui sakuku atau BCA Mobile. Berhubung aku hanya punya BCA Mobile, maka aku memilihnya dan berlanjut memasukkan nomor handphone yang digunakan saat aktivasi aplikasi BCA Mobile di kantor cabang sebelumnya.
  10. Nanti akan ada keterangan kembali untuk memasukkan 6 digit kode tarik tunai yang telah didapat dari aplikasi BCA Mobile. Transaksi pun mulai diproses dan uang akan segera keluar untuk langsung bisa kita ambil.

       10 langkah di atas akan berakhir pada notifikasi yang kembali tampil di layar aplikasi BCA Mobile bahwa tarik tunai BERHASIL. Fitur ini jelas membantuku di saat kepepet. Kenyamanan, kecepatan, dan keamanan yang hadir dari layanan perbankan BCA selalu menjadi pilihan terbaik. Meski tidak semua mesin ATM BCA tersedia layanan tarik tunai tanpa kartu.

     Setidaknya dari pengalaman itu aku belajar bagaimana memanfaatkan teknologi yang ada digenggaman untuk layanan perbankan. Selain itu, aku juga mulai mempersiapkan saat bepergian untuk membawa uang tunai secukupnya. Bagaimanapun juga, aku akan membutuhkan uang tunai sewaktu-waktu. Terutama saat bepergian ke daerah terpencil yang mungkin saja sulit dijumpai mesin ATM atau EDC.

    Sederhananya supaya tak lupa, aku harus simpan uang tunai tak hanya di satu tempat saja. Pisahkan di beberapa tempat sebagai uang cadangan yang bisa dikeluarkan untuk kebutuhan yang bersifak mendadak. Ingat, ketinggalan dompet dan handphone itu bisa membuat kita panik saat bepergian ke luar rumah.

     Melalui tulisan ini, aku ingin memberi apresiasi terhadap fitur terbaik dari BCA. Dari beberapa rekening bank lain yang aku punya, hanya BCA yang mampu melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu. Aku pun mendapat pengalaman bertransaksi yang lebih fleksibel karena menjadi bagian dari generasi simpel.

Mohon tunggu...

Lihat Mudik Cerdik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun