Mohon tunggu...
Achmad Humaidy
Achmad Humaidy Mohon Tunggu... Blogger -- Challenger -- Entertainer

#BloggerEksis My Instagram: https://www.instagram.com/me_eksis My Twitter: https://twitter.com/me_idy My Blog: https://www.blogger-eksis.my.id

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana

Buka Rekening Baru untuk Generasi Simpel

12 Mei 2019   04:12 Diperbarui: 12 Mei 2019   04:26 14 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buka Rekening Baru untuk Generasi Simpel
fitur buka rekening baru sudah ada di BCA Mobile (BCA)

Gebrakan yang dilakukan dalam dunia perbankan terus beradaptasi dengan tuntutan zaman.  Masyarakat modern yang serba digital harus memenuhi kebutuhan dengan hal-hal yang bersifat instan. Kecanggihan teknologi tentu memberi dampak yang begitu besar terhadap gaya hidup dan perilaku masyarakat tersebut. Pergeseran dari keterbatasan ruang, waktu, dan tempat membuat kita melakukan segala hal yang terkoneksi secara daring, termasuk untuk memenuhi layanan perbankan.

Dari sekian banyak layanan perbankan, mobile banking jadi pilihan bagi milenial yang menjadi bagian dari generasi simpel. Mereka memiliki mobilitas tinggi dan menginginkan gaya hidup serba praktis. Hampir seluruh bank di dunia telah menerapkan teknologi mobile banking secara progresif. Hal ini sejalan dengan ponsel pintar yang selalu berada dalam genggaman para nasabahnya.

Beranjak dari hal itu, bank swasta terbesar di Indonesia yang kita kenal dengan Bank Central Asia (BCA) memiliki aplikasi mobile banking bernama BCA Mobile. Layanan mobile banking tersebut sebulan yang lalu baru saja meluncurkan fitur terbaru. Fitur untuk pembukaan rekening bagi nasabah yang tidak sempat berkunjung ke kantor cabang BCA.

Penulis sangat mendukung fitur ini. Penulis pernah melayani proses pembukaan rekening di salah satu bank BUMN tempat aku bekerja dahulu. Untuk melayani satu nasabah saja, standar waktu layanan bisa mencapai 30 menit. Waktu tersebut diperkirakan jika kondisi jaringan internet kantor dalam keadaaan stabil. Sementara jika jaringan sedang ada gangguan, maka pembukaan rekening butuh waktu yang lebih lama. Antrian nasabah pun akan semakin panjang.

Belum lagi pembukaan rekening di kantor cabang kadang mengharuskan nasabah membawa sejumlah dokumen. Jika ada yang tidak lengkap, bukan tidak mungkin kita harus bolak-balik ke bank tersebut. Kalau melalui BCA Mobile, kita hanya perlu unduh aplikasi melalui smartphone berbasis android atau iOs dan setelah masuk ke fitur Buka Rekening Baru tinggal unggah berkas yang diperlukan.

Kemudahan teknologi yang tepat ini tentu membuat kita lebih hemat waktu. Proses pembukaan rekening akan dilalui dengan singkat, kapanpun dan dimanapun. Bahkan, konsep yang dihadirkan dalam pembukaan rekening versi BCA Mobile juga mengusung cardless. Artinya, kita tidak perlu memiliki kartu fisik (ATM) untuk melakukan transaksi.

Adapun langkah-langkah sederhana untuk membuka rekening via BCA Mobile, yaitu:

  1. Login pada aplikasi BCA Mobile.
  2. Pilih fitur Buka Rekening Baru pada halaman utama BCA Mobile.
  3. Tentukan produk rekening BCA yang kita pilih dari 3 produk yang ditawarkan seperti Tahapan BCA, Tahapan Gold, atau Tahapan Xpresi.
  4. Unggah dokumen dan isi data diri secara lengkap. Pastikan kita menyiapkan kartu sakti seperti e-KTP yang sudah memiliki single identification number. Dengan begitu data akan otomatis dicocokkan pada database yang ada di Dukcapil.
  5. Persiapkan jaringan internet pada gawai kita untuk melakukan video call yang terhubung dengan CSO Halo BCA. Proses ini dilakukan untuk verifikasi data supaya lebih sah.
  6. Aktifkan layanan lain seperti internet banking BCA dan sms notifikasi.
  7. Lakukan setoran awal, baik melalui transfer ke rekening maupun setor tunai tanpa kartu di ATM Setar (Setor Tarik) BCA terdekat.
  8. Nomor rekening sudah bisa digunakan untuk transaksi lain.

tampilan depan BCA Mobile
tampilan depan BCA Mobile
Transformasi digital yang dilakukan oleh BCA terbilang inovatif. Tren ini mampu menjadi layanan perbankan yang lebih aman karena izin layanan digital sudah resmi didapat dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nasabah yang telah mencoba layanan ini pasti dijamin akan merasa puas.

Penulis tak sabar untuk menyisihkan tabungan yang ada ke rekening baru yang akan dibuka via BCA Mobile. Saat lebaran nanti, aku tidak hanya punya hati dan baju yang baru, tetapi juga rekening baru yang lebih simpel dibuatnya.

Kerumitan birokrasi perbankan jadi terlihat lebih sederhana. Begitu juga kebosanan saat mengantri jadi bisa kita hindari. Layanan digital terkini dari BCA Mobile memang selalu pas di hati.

VIDEO PILIHAN